Kepala Desa Apresiasi Pemerintah Kacamatan Rajapolah Laksanakan Pra Bursa Inovasi Desa

oleh
Kepala Desa Apresiasi Pemerintah Kacamatan Rajapolah Laksanakan Pra Bursa Inovasi Desa

TASIKMALAYA, PERAKNEW).-  Pemerintah Kecamatan Rajapolah melaksanakan pra bursa inovasi desa, Selasa (27/11/2018), diaula kantor Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.

Pelaksanaan kegiatan pra bursa tingkat Kecamatan Rajapolah tersebut dalam rangka persiapan pelaksanaan bursa inovasi desa tingkat Kabupaten Tasikmalaya sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 48 tahun 2018 tantang pedoman umum program inovasi desa.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Camat Rajapolah Yana Heryana SE. MM, kepala UPT Puskesmas Rajapolah, Polsek, Koramil, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Kepala desa dan Kaur perencanaan sewilayah Kecamatan Rajapolah.

Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. ungkap Nandang Nur Fajar ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Rajapolah kepada wartawan.

“Dalam kegiatan acara tadi, dilakukan pengolahan dan pengumpulan kartu bursa juga kartu komitmen inovasi desa sebagai bahan dalam kegiatan bursa inovasi desa tingkat kabupaten Tasikmalaya. kata Nandang.

lanjut, Nandang Fajar. Setiap desa mencantumkan capaian pembangunan, baik infrastruktur maupun non infrastruktur (Pemberdayaan). Tim TPID bersama kepala desa dan unsur-unsur lainnya di kecamatan rajapolah, mengidentifikasi permasalahan dan menginventarisir potensi di tiap desa. imbuhnya.

Kepala Desa Sukaraja Andi Lala Moch Affandi S.IP, sangat apresiasi atas pelaksanaan kegiatan pra bursa inovasi desa yang di selenggarakan oleh pihak pemerintah Kecamatan yang bekerjasama dengan TPID Kecamatan Rajapolah.

“Kegiatan tersebut dapat mendorong desa agar bisa membuat terobosan baru dalam memanfaatkan Dana Desa (DD) yang berpotensi untuk meningkatkan kemajuan, kesejahteraan dan kemandirian desa. ungkap Andi saat dihubungi melalui pesan Wahsp kepada Perak.

Hal senanda juga di sampaikan oleh Sugianto kepala Desa Rajamanda, berapresiasi tentang keberadaan inovasi desa untuk mengangkat produk unggulan salah satunya di Desa Rajamandala memilik UMKM yaitu, memproduksi tas, makanan ringan dan lain-lain.

“Semoga rencana ini, bisa singkron dengan rencana desanya di tahun anggaran 2019. Pungkasnya. (Fauzi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *