oleh

Didik Santri tak Mampu, Pembangunan Ponpes Al-Husaeniyah Ciamis Butuh Bantuan Dana

CIAMIS-JABAR, (PERAKNEW).- Pesantren Al-Husaeniyah dibawah naungan Yayasan Bani Sarkosih, yang beralamat di Jl. KH. Sarkosih No. 062, Blok Cigandasoli, Dusun Kubangsari RT 003/008, Desa Sirnabaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, kode pos 46254, saat ini tengah dibangun.

Pesantren Al-Husaeniyah yang dipimpin oleh KH. Ocen Muhammad Husaen, S.H.I. merupakan suatu wadah dimana terdapat ruang lingkup perpaduan kombinasi antara salaf dan modern, yaitu terdapat tahfidz al-Qur’an dengan pembelajaran dari mulai at-tajwid, sifat-al-huruf, makharij-al-huruf, kitab kuning (salaf)/ kitab gundul serta bahasa (Arab dan Inggris).

Disamping pendidikan kepesantrenan, di Ponpes ini juga terdapat pendidikan formal SMP Ma’arif Al-Husaeniyah yang sudah berjalan sejak 2016 silam dan sedang merintis SMK sebagai progress untuk penunjang SDM para siswa/santrinya.

Pimpinan Ponpes, berharap dengan dibentuknya lembaga pendidikan formal tersebut, santri tidak hanya ahli dibidang agama , tetapi juga memiliki kompetensi di keilmuan terapan guna menjawab kebutuhan kehidupan santri kedepannya, “Dulu kami fokusnya di pendidikan pesantrenya saja, tetapi melihat kebutuhan dunia saat ini, santri juga perlu di bekali pendidikan formal, dari pada harus keluar mencari sekolah lain, kami berusaha menyediakan sekolah formal juga, dengan harapan pendidikan aqidah ahlak dan pemahaman agama yang mendalam, juga memiliki ijazah formal yang suatu saat dibutuhkan untuk bersaing di dunia pekerjaan,” terang Pimpinan Ponpes Al-Husaeniyah kepada Perak, Minggu (11/10/2020).

Namun, diakui oleh pimpinan Ponpes yang akrab disapa Ajengan Ocen, bahwa untuk memaksimalkan tujuan tersebut, harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap, sehingga tercapai kenyamanan baik bagi santri maupun tenaga pengajar dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), “Kami juga sedang berusaha memenuhi sarana prasarana sedikit demi sedikit, tapi masih terkendala dana nya, segini juga Alhamdulillah hasil dari sodaqoh masyarakat sekitar dan bantuan dari pemerintah tahun kemarin,” imbuhnya.

KH. Ocen juga menerima santriwan-santriwati yang tidak mampu dan putus sekolah untuk melanjutkan pendidikan di Ponpes Al-Husaeniyah, sehingga diharapkan ummat mendapatkan pendidikan agama dan pendidikan formal sebagai generasi yang berahlak mulia dan cerdas.

Pada saat ini, Ponpes sedang membangun ruang kelas dan asrama santri, sehingga masih membutuhkan bantuan sumbangan dana, berharap dan membuka selebar-lebarnya bagi donatur-donatur yang di rahmati Allah untuk mendonasikan sebagian hartanya demi terwujudnya keberlangsungan pendidikan pondok pesantren.

Dengan demikian, mari kita bantu untuk pembangunan Ponpes dan semoga harta yang kita belanjakan dijalan Allah, yang akan mendatangkan rahmat Allah SWT.  Bisa secara langsung datang ke lokasi ponpes, bisa juga kunjungi http://kitabisa.com/bantualhusaeniyah, atau melalui No. Rek. BRI 4056-01-016833-53-3 A/n Ponpes Al-Husaeniyah. (Duryani)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya