Peringati Hari Bahasa Ibu Internasional, Imas Ajak Lestarikan Bahasa Sunda

oleh


SUBANG, (PERAKNEW).- Dalam rangka menumbuhkan kembali Kaulinan Urang Lembur (permainan tradisional) dan bahasa sunda yang kian memudar, Plt. Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih mengajak untuk melestarikan kembali permainan tradisional dan bahasa sunda tersebut dalam peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Subang Tahun 2017 di Wismakarya, Selasa (21/2/170.

“Dalam permainan tradisional banyak sekali  mengandung petuah yaitu salah satunya menjaga kebersamaan dan kekompakan dan budaya kita tidak kalah bagusnya dengan yang lain bahkan bisa membentuk karakter kita semua,” ujarnya.

Beliau menambahkan, bahasa sunda dimulai dari sekrang dan diri sendiri untuk di biasakan menjadi bahasa sehari-hari dirumah. “walaupun bahasa sunda saya juga masih kasar tapi kita harus belajar dari sekarang jangan sampai jati diri bahasa dan kebudayaan kita hilang, apalagi kaulinan harus tumbuh kembali jangan samapi anak-anak ketergantungan HP,” imbuhnya.

Ia juga berterimakasih kepada Nina production yang telah menampilkan dan mengajarkan kembali permainan tradisional juga Dinas Pendidikan yang telah mengadakan lomba pasanggiri Maca Warta Basa Sunda sebagai upaya menumbukan kembali bahasa sunda.

Selanjutnya Plt. Bupati memberikan piala dan hadiah kepada juara lomba Pasanggiri Maca Warta Basa Sunda tingkat Remaja dan dewasa langsung oleh untuk kategori dewasa putra yang dimenangkan oleh Naufal Abdulah,kategori dewasa putri yang dimenangkan oleh Pipit Ristiani, dan kategori Remaja Putra oleh Haris Munandar dari SMAN.1 Pagaden serta kategori remaja putri dimenangkan oleh Hilda Nur Febriliani dari SMAN 1 Kalijati. Red/Hum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *