oleh

Pengangkutan Sampah ke TPA Digelar Rutin, Ketua Karang Taruna Sukamandijaya Imbau Jangan Bakar Sampah di TPS

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).- Giat bhakti sosial kebersihan sampah lingkungan, Karang Taruna Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang bersinergi dengan Pemerintah desa (Pemdes) Sukamandijaya gelar kegiatan pengangkutan sampah yang sudah mulai menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) setempat ke Tempat Pembuangan Akhit (TPA) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Subang, pada Hari Selasa (29/9/20).

Betapa tidak, Karang Taruna Desa Sukamandijaya berencana akan menggelar kegiatan pengangkutan sampah di TPS ke TPA menggunakan armada kebersihan milik DLH Subang yang baru dimulainya tersebut, secara rutin setiap minggunya.

Dalam hal ini, Ketua Karang Taruna Desa Sukamandijaya, Hendara Sunjaya menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan DLH Subang dan berkomitmen akan melakukan pengangkutan secara rutin, bertujuan untuk mengantisipasi sampah agar tidak menggunung di TPSnya, “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak DLH Subang dan sepakat melakukan pengangkutan sampah di TPS ini secara rutin setiap minggu, untuk mengantisipasi terjadinya penggunungan sampah pada TPS,” ungkapnya.

Lanjut Hendra, “Atas kegiatan pengangkutan sampah ini, kami menghimbau kepada masyarakat yang melakukan pembuangan sampah ke TPS tersebut, agar jangan membakar sampah yang ada di TPS, guna tidak menyulitkan tim kami dan tim kebersihan dari DLH dalam melakukan pengangkutan sampah, yang paling utamanya mengantisipasi terjadinya kebakaran sampah di TPA,” imbau ketua yang akrab disapa Enjoy ini kepada Perak.

Enjoy juga berharap, “Semoga kegiatan kebersihan yang dilakukan ini, mampu memotivasi warga karang taruna di setiap unit dusun yang ada di Desa Sukamandijaya dan sekitarnya, dalam hal menjaga kebersihan di lingkungannya, terutama dalam kesadaran membersihkan sampah di saluran-saluran got hingga sungai di wilayahnya masing-masing, guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir ketika musim penghujan tiba,” harapnya.

Perlu diketahu pula bagi karang taruna/ pemuda pemudi tambah Enjoy, “Kegiatan peduli kebersihan lingkungan ini, adalah bagian dari tugas pokok dan fungsi karang taruna dalam menjalankan program kerja sesuai dengan apa yang diamanatkan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Republik Indonesia (RI) Nomor 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna,” pungkasnya diakhiri dengan mengucapkan, “Salam Aditya Karya Mahatva Yodha dan Salam Kesetiakawanan Sosial Karang Taruna Desa Sukamandijaya”. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya