oleh

Masyarakat Desa Kediri Gelar Acara Ruat Bumi atau Hajat Bumi

PERAKNEW.com – Warga Desa Kediri, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang gelar acara ruwat bumi yang dilaksanakan, Hari Minggu 20 November 2022, di Depan halaman Kantor Desa, dengan mengadakan pagelaran wayang kulit dan pawai arak-arakan singa dangdut, yang mengelilingi kampung Desa kediri.

Warga Desa Kediri, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang gelar acara ruwat bumi yang dilaksanakan, Hari Minggu 20 November 2022, di Depan halaman Kantor Desa1

Turut Hadir dalam acara ini, Camat Binong, Danramil, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan para Petani. Dalam kesempatan itu, Kades Kediri Enah, S.Pd.,”Ruwatan Bumi sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, atas rizqi yang telah diberikan kepada masyarakat, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat menuju masyarakat yang aman nyaman damai dan sejahtera,” ucap Kades Kediri Enah.

Baca Juga : Kunjungan Presiden IFAD, Alvaro Support Generasi Mileneal Pertanian dan Peternakan

Meskipun acara ruwat bumi digelar sederhana, namun para petani Desa Kediri sangat antusias datang ke Kantor Desa Kediri dengan membawa nasi tumpeng. Ruwat bumi atau biasa disebut dengan hajat bumi merupakan tradisi adat masyarakat pedesaan yang ada di Jawa Barat, yang berasal dari kata ngaruwat (bumi), yang artinya ngarawat atau memelihara dan atau menjaga, sehingga hal ini tidak ada kaitanya dengan mengesampingkan Agama Islam dan biasanya kegiatan hajat bumi ini dilaksanakan setelah panen dan mau tanam padi. (Agus)

Facebook Comments

Berita Lainnya