Di Cimahi Penderita TBC Cenderung Meningkat

oleh

Di Cimahi Penderita TBC Cenderung Meningkat
CIMAHI, (PERAK NEW).- Pengidap penyakit Tubercolosis (TBC) disinyalir masih banyak yang enggan untuk memeriksakan dirinya ke rumah sakit atau Puskesmas, karena merasa malu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Agustiningsih mengungkapkan selama tiga bulan terakhir atau Januari hingga Maret 2017 saja, pihaknya mencatat ada sekitar 101 orang penderita TB positif.

“Jumlah tersebut kami dapat dari hasil kegiatan ketuk pintu, sesuai instruksi dari Kementrian Kesehatan,” ujarnya, belum lama ini.

Menurutnya, jumlah penderita Tuberkulosis dari tahun ke tahun belum pernah mengalami penurunan bahkan cenderung naik. Itu karena masyarakat malu memeriksakan dirinya karena stigma terhadap penderita Tuberkulosis.

“Makanya kemarin itu kader melakukan aksi ketuk pintu itu untuk menemukan penderita Tuberkulosis yang malu memeriksakan atau pernah punya riwayat,” katanya.

Agustiningsih menjelaskan, untuk satu penderita positif Tuberkulosis berpotensi menularkan kepada sepuluh sampai lima belas orang. Sehingga pihaknya akan melakukan upaya-upaya untuk penanganan pencegahan penyakit ini. Jika tidak segera mendapatkan penanganan lanjutnya, hingga akhir tahun 2017, diperkirakan jumlah penderita Tuberkulosis akan terus meningkat.

“Untuk Cimahi, penderita TB paling banyak ada di wilayah selatan, Kelurahan Utama,  bisa jadi karena pengaruh tempat tinggal yang padat dan berada di lingkungan industri,” jelasnya. Harold

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *