oleh

Buka Gelaran Pameran UMKM, Kang Emil: Kalau Subang Sudah Jawara, Jabar Pasti Juara

PERAKNEW.com – Bupati Subang, H. Ruhimat mendampingi Gubernur Jawa Barat, Dr. (HC) Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia Praratya Ridwan Kamil dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Drs. Suntana, yang hadir dalam Gelaran Pameran Kreasi, UMKM dan Produk Agro Subang Tahun 2022, di Desa Wisata Sidajaya, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, Jumat 16 September 2022.

Dalam acara tersebut dilaksanakan pameran kreasi seni khas Subang, pameran produk UMKM Subang, produk Agro Subang dan fashion show busana khas Subang yang diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta dan bangga warga Subang kepada budayanya sendiri.

Kapolres Subang, AKBP Sumarni, S.I.K., pada kesempatan tersebut menyampaikan dengan kerja bersama semua pihak, dampak krisis global tidak akan terlalu terasa di Indonesia, “Perang Russia Ukraina telah berimplikasi pada krisis pangan dan energi ke beberapa negara. Alhamdulillah Indonesia dengan segala sumber dayanya masih mampu mencukupi kebutuhan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga : Rencana PLN Hapus Subsidi 450 VA, Masih Tunggu Putusan Pemerintah

AKBP Sumarni juga menyatakan seluruh pemangku kepentingan di Subang telah melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi daerah, “Kami semua di Kabupaten Subang telah melakukan langkah-langkah guna mencegah inflasi daerah bersama TNI Polri melalui penggiatan ketahanan pangan dan ekonomi kreatif. Kami selalu ambil bagian di wilayah kami masing-masing, kami telah memanfaatkan lahan tidur di Kabupaten Subang 10 hektare untuk yang berasal dari Perhutani dan 2 hektare dari PTPN,” katanya.

Sumarni menambahkan, apa yang Ia dan jajaran lakukan sebagai motivasi bagi masyarakat untuk melaksanakan hal serupa di lingkungan masing-masing, “Menggelorakan agar seluruh masyarakat menanam tanaman pangan di lingkungan masing-masing. Dengan menanam tanaman pangan, kita bisa memenuhi kebutuhan atau bahkan surplus cabe dan bawang merah,” tuturnya.

Buka Gelaran Pameran UMKM, Kang Emil: Kalau Subang Sudah Jawara, Jabar Pasti Juara1

Menutup sambutannya, Kapolres Subang berpesan agar masyarakat desa dapat berdaya dan dapat menjadi pusat ketahanan pangan di Kabupaten Subang, “Millenial desa jangan lagi berpikir pindah ke kota tetapi harus mengelola sumber daya di desa untuk kesejahteraan warga desa dan menjadi pusat ketahanan pangan di Kabupaten Subang,” tutupnya.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat yang biasa disapa Kang Emil dalam sambutannya mengaku bangga karena dirinya merupakan Gubernur Jawa Barat pertama yang datang ke Kampung Cigarukgak, Desa Sidajaya, “Ini adalah kunjungan gubernur pertama di Cigarukgak,” ucapnya.

Baca Juga : Yayasan Batara Mas Disuport Elita Budiati Gelar Sunatan Masal & Wayang Golek

Kang Emil juga mengapresiasi Kapolda Jawa Barat beserta jajaran yang mendukung penuh program-program Pemerintah Daerah di Jawa Barat, “9 tahun saya bekerja, jarang pimpinan Polisi begitu luwes dalam melaksanakan kegiatan bersama masyarakat,” ujarnya.

Kang Emil berpesan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan seluruh masyarakat Subang untuk terus memajukan diri karena pembangunan Jawa Barat tidak akan maksimal apabila Subang tidak ikut memberi andil, “Subangnya hebat Jawa Barat-nya juga pasti hebat. Jika Subang sudah Jawara, maka Jabar pasti Juara,” paparnya memberikan semangat.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat Kang Emil membagikan hadiah dari Bank BJB kepada warga sekitar melalui permainan-permainan yang menarik dan menutup sambutannya sekaligus secara resmi membuka Gelaran Pameran Kreasi, UMKM, dan Produk Agro Subang Tahun 2022.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke stan UMKM yang ada oleh Gubernur Jawa Barat dan Kapolda Jawa Barat didampingi Kang Jimat dan Forkopimda Kabupaten Subang. Usai mendampingi Kang Emil, Kang Jimat bersama Mimih dan Forkopimda Kabupaten Subang menyempatkan diri untuk berbelanja di stan UMKM.

Baca Juga : Panit Binmas Polsek Ciasem Rutin Gelar Penyuluhan

Dalam kunjungan ke stan UMKM tersebut, Kang Jimat mengaku bahagia atas terselenggaranya kegiatan tersebut, “Terlebih dalam kondisi kenaikan BBM, insyaallah dengan diadakannya seperti ini menurut saya sangat positif. Apresiasi kepada Polres Subang yang menyelenggarakan acara ini,” terangnya.

Kang Jimat menambahkan, dirinya optimis dengan UMKM Subang dan sedang berupaya melebarkan pasar UMKM asli Subang, “Produknya potensial. Marketing UMKM khususnya yang tadinya tidak ada kegiatan menjadi ada kegiatan. Sedang saya upayakan bekerja sama dengan retail modern untuk pemasaran produk UMKM asli Subang,” ungkapnya.

Terkait segala potensi Subang, Kang Jimat mengaku akan menggodok strategi agar dapat dimaksimalkan dan menyambut baik Bendungan Sadawarna yang akan memberikan dampak positif bagi pertanian di Kabupaten Subang, “Akan kami diskusikan dengan Forkopimda untuk bagaimana memaksimalkan potensi yang ada. Terlebih Bendungan Sadawarna yang akan segera selesai yang nantinya akan sangat berguna apalagi untuk lahan tidur dan sawah tadah hujan yang ada di Subang,” pungkas Kang Jimat.

Baca Juga : TEPG FMP Jabar Tetap Eksis Dampingi Pasien Gakin

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, Forkopimda Kabupaten Subang, Kepala OPD se-Kabupaten Subang, Para Camat, Pemerintah Desa Sidajaya dan tokoh serta masyarakat setempat. (Red)

Facebook Comments

Berita Lainnya