RSUP Hasan Sadikin Berhasil Angkat 2 Batu Ginjal Taswa
RSUP Hasan Sadikin Berhasil Angkat 2 Batu Ginjal Taswa

 RSUP Hasan Sadikin Berhasil Angkat 2 Batu Ginjal Taswa

SUBANG,(PERAKNEW).- Setelah melewati  masa-masa yang cukup kritis kini Taswa dan keluarga bisa bernafas lega dan bahagia karena Taswa sekarang dalam masa pemulihan paska operasi pengangkatan dua batu ginjalnya. Perjuangan Taswa dan keluarga cukup lumayan berat dari mulai pemeriksaan awal di Rumah Sakit Umum Ciereng Subang hingga dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi Hasan Sadikin (RSUP HS) Bandung, sejak awal tahun 2016 lalu.

Saat ini kondisi kesehatan Taswa terlihat segar bugar, bisa berjalan kaki seperti orang normal, dari mulai masuk rumah sakit hingga pulang, tapi hanya saja kalau lama-lama duduk bisa keluar darah dari bekas bagian operasinya. Hal itu cukup wajar bagi seseorang yang telah menjalani operasi besar, apalagi Taswa menjalani operasi besar yakni pada bagian ginjal selama dua kali dan kemudian diteruskan operasi pada bagian saluran pembuangan air kecil.

Proses operasi yang dilakukan oleh Tim Medis RSHS pada Hari Kamis, 20 April 2017 selama kurang lebih 8 jam, dimulai pukul 9:00 pagi hingga pukul 17:00 WIB, selanjutnya Taswa menjalani proses perawatan masa pemulihan selama 4 hari dan diperbolehkan pulang pada hari senin 24 April 2017. Kini ia disarankan dokter untuk menjalani rawat jalan seminggu sekali hingga dinyatakan sembuh total oleh dokter.

Terakhir Taswa melakukan kontrol pada Hari Selasa 2/5 kemarin dan mendapatkan pelayanan yang cukup baik dari tim medis dan para dokter di ruang Urologi, walau tidak semua obat-obatan ia peroleh di Rumah Sakit karena ada beberapa jenis obat yang tidak masuk dalam klaim BPJS apalagi Taswa menggunakan BPJS kelas 3.

Meskipun begitu, cerita perjuangan Taswa ini tak lengkap tanpa sosok dibelakangnya. Cukup mengharukan, di balik perjuangan dan pengorbanan ini ternyata ada orang tua yang akrab disapa Abah Ihsam. Dalam umurnya yang menginjak 87 tahun, semangatnya untuk merawat sang anak tak pupus oleh waktu sampai dewasa saja bahkan sampai sudah berkeluarga pun masih disayanginya.

Pendampingan Abah Ihsam dari mulai perawatan pemeriksaan pengobatabn pertama hingga kini tidak pernah absen walau hanya sekali, perjalanan pasien Taswa untuk mencapai Operasi dan sampai saat ini sudah mencapai 33 kali pulang pergi Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Bagian dari beberapa kata yang sering terucap oleh Abah Ihsam adalah, “Untung ada pendamping dari anggota FMP jadi abah teu lieur ” dan sering terucap pula “ Untung aya Ambulan ti Perak jadi biaya urang jadi ringan”. 

“Terimakasih banyak pak dokter (tim medis RSUP HS) anak saya sudah berhasil dioperasi dengan selamat,” pungkas Abah Ihsam menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim dokter yang telah berhasil mengoperasi anaknya. Pepen

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here