oleh

Masyarakat Desa Kertajaya Gelar Ruwat Bumi Santunan Anak Yatim

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).- Warga Desa Kertajaya, Kecamatan Tambakdahan, Kabupaten Subang gelar acara ruwat bumi yang dilaksanakan, Hari Minggu  29 November 2020, di Aula Desa Kertajaya dengan mengadakan Istigosah dan pembagian santunan kepada anak yatim.

Dalam kesempatan itu, Kades Kertajaya, Nana Suhana Toyib mengatakan, “Mengingat situasi masih Pandemi Covid-19, serta Petani di tahun ini, banyak kendala seperti kesulitan pupuk urea, kesulitan air ditambah sekarang harga padinya sangat murah, sehingga lebih baik acara sederhana, tapi bisa bermamfaat dan alhamdulillah setiap bulan masih bisa memberikan satunan untuk 41 anak yatim dan itu donaturnya dari warga di Desa Kertajaya sendiri, setiap bulan,” ungkapnya.

Meskipun acara ruwat bumi digelar sederhana, namun para petani Desa Kertajaya sangat antusias datang ke Kantor Desa Kertajaya dengan membawa nasi tumpeng.

Istigosah yang dipimpin Ustad Abdul Kodir ini, digelar dengan tema, “Tetap memelihara, menjaga dan meningkatkan keimanan kepada Alloh SWT dalam segala hal seperti yang terjadi dengan musibah adanya virus corona”.

Ruwat bumi atau biasa disebut dengan hajat bumi merupakan tradisi adat masyarakat pedesaan yang ada di Jawa Barat, yang berasal dari kata ngaruat (bumi), yang artinya ngarawat atau memelihara dan atau menjaga, sehingga hal ini tidak ada kaitanya dengan mengesampingkan Agama Islam dan biasanya kegiatan hajat bumi ini dilaksanakan setelah panen dan mau tanam padi. (Atang S)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya