oleh

Khitanan Massal, Kang Jimat: Untuk Meringankan Mereka yang Membutuhkan

PERAKNEW.com – Bupati Subang, H. Ruhimat, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sunatan Massal di Kecamatan Sagalaherang, bertempat di Alun-alun Sagalaherang, pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Kegiatan sunatan massal di Sagalaherang, merupakan khitanan massal terakhir dalam rangkaian Milangkala ke-75 Kabupaten Subang, dimana sebelumnya telah dilaksanakan pula di Kecamatan Pagaden, Cipendeuy dan Patokbeusi.
Mengawali kegiatan, Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang, disambut dengan meriah oleh warga Sagalaherang dengan kesenian Sisingaan dan juga Drumband oleh siswa-siswi Sekolah menengah di Sagalaherang.

Selanjutnya, Kang Jimat pun meninjau secara langsung kegiatan khitanan massal, dan memberikan semangat juga Panyecep kepada peserta yang di Khitan.Camat Sagalaherang, Sirojudin, S.I.P.,M.Si., dalam laporannya menghaturkan terima kasih atas kehadiran Kang Jimat pada kegiatan Khitanan massal ke Kecamatan Sagalaherang dan menyatakan, bahwa antusias warga sangat besar atas kegiatan tersebut, “Hatur nuhun Pak Bupati, kegiatan ini dilaksanakan di Sagalaherang. Semua masyarakat di kecamatan Sagalaherang dan tonggoh, tumpah di alun-alun ini,” ujarnya.

Baca Juga : H Sutrisno Gelar Bintek Pupuk Organik di Pamanukan

Camat Sagalaherang juga menjelaskan, terkait kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan khitanan massal, yaitu diantaranya gelaran senam massal yang diikuti oleh masyarakat pemuda pemudi dan seluruh kader dari masing-masing desa dan juga Kecamatan tetangga, kemudian melaksanakan sunatan massal, “Alhamdulillah tercatat berdasarkan daftar yang kami terima sejumlah 120 anak sunat yang pada hari ini dilakukan sunat oleh para dokter, terdapat juga bazzar dan akan dihibur oleh artis kita yang menjadi juara Dangdut Indosiar,” tuturnya.

Tak hanya itu, Sirojudin juga menjelaskan bahwa Kecamatan Sagalaherang telah menyelesaikan salah satu sarana prasana bagi masyarakat, yaitu Gedung Serbaguna, “Pelaksanaan pembangunan Alhamdulillah telah selesai dibangun sarana prasarana untuk masyarakat, kami bangun gedung serbaguna dan insya Allah ini akan dimanfaatkan oleh masyarakat kecamatan Sagalaherang,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Peresmian Gedung Serbaguna dengan Penandatanganan Prasasti oleh Kang Jimat dan dilaksanakan pula pembagian Panyecep dari Kang Jimat, serta pemberian bingkisan dari Bank Subang dan BJB kepada peserta khinatan massal.

Baca Juga : BBWSC Sosialisasikan Proyek Rp160 Miliar di Empat Kecamatan

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan khitanan massal ini salah satunya untuk bersilaturahmi, serta membantu meringankan masyarakat dalam melakukan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu di khitan, “Dengan diadakannya kegiatan ini, minimal bisa meringankan bagi yang membutuhkan. Insha Allah akan banyak manfaatnya kegiatannya seperti ini,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Kang Jimat pun menghaturkan permintaan maaf, karena selama 4 tahun dirinya menjabat masih banyak target kerja yang belum tercapai, karena terkendala covid-19, “4 tahun lebih saya menjabat sebagai bupati, saya mohon maaf karena 3 tahun terkendala adanya covid, sehingga masih banyak target kerja yang belum terselesaikan,” katanya.

Namun, dirinya menyatakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Subang di tengah keterbatasan tidak menyerah untuk membangun. Beberapa pembangunan tersebut, diantaranya adalah menyambungkan jalan dari Karawang hingga ke Indramayu lewat pantai, Jalan lingkar Kota Subang, Cipendeuy-Serangpanjang, serta Cisalak-Cikole, “Ini semua kami lakukan tiada lain untuk masa depan Subang. Pemerintah menyiapkan untuk 50 tahun hingga 100 tahun yang akan datang,” terangnya.

Menutup sambutannya, Kang Jimat berpesan kepada warga masyarakat untuk mempersiapkan diri menuju Subang yang kini tengah menuju era Industrialisasi, “Peupeujeuh ti simkuring, hayu urang siapkeun, jangan sampai anak cucu kita hanya menjadi penonton,” harapnya.

Baca Juga : Raswadi Terpilih Kembali Jadi Ketua Mina Misaya Guna Patimban

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Asda 1 bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Plt. Asda 3 Bidang Administrasi Umum sekaligus Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Kesehatan, Kadis pertanian, Camat Jalancagak, Serangpanjang, Kasomalang, Cijambe, Tanjungsiang, Kepala Cabang BJB, Kepala Bank Subang, Tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya. (Hum)

Berita Lainnya