oleh

BBWSC Sosialisasikan Proyek Rp160 Miliar di Empat Kecamatan

PERAKNEW.com – Kementerian PUPR Dirjen SDA BBWSC (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum) mengadakan Sosialisasikan Pekerjaan Rehabilitasi Peningkatan dan Modernisasi Jaringan Irigasi Saluran Sungai yang akan segera dilaksanakan di empat kecamatan Kabupaten Subang, diantaranya Kecamatan Ciasem, Blanakan, Patokbeusi dan Pabuaran.

Sosialisasi ini digelar pada Rabu 17 Mei 2023 di Gedung Olah Raga (GOR) Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Adapun jaringan irigasi SS atau Saluran Sungai di empat kecamatan yang akan direhabilitasi tersebut yakni SS Jengkol CS, SS Pengkolan CS, SS Sukamandi CS dan SS Beres CS.

Seperti disampaikan Pelaksana Teknis BBWSC, Pajar Nurjaman saat diwawancarai Perak TV usai sosialisasi menjelaskan, bahwa untuk rencana pelaksanaan pekerjaan proyek BBWSC tersebut sudah dianggarkan biayanya sebesar 160 Miliar rupiah dan teknis pekerjaannya Normalisasi Saluran Sungai, namun akan menyesuaikan juga dengan bangunan-bangunannya.

Baca Juga : FMP Jabar-Media Perak Gelar Halalbihalal & Milad FMP Jabar ke 18

Lanjut Pajar, untuk kontraktor pelaksana pekerjaan proyek BBWSC tahun ini, yakni PT Brantas Abipraya harus tetap mengacu pada aturan yang ada di kontrak perjanjian yang nantinya di lokasi pekerjaan harus memasang plang papan nama terkait informasi keterbukaan publik atas pekerjaan proyek tersebut.

BBWSC Sosialisasikan Proyek Rp160 Miliar di Empat Kecamatan1

Namun Pajar menyebutkan, sesuai peraturan menteri, bahwa untuk Gambar dan RAB atau Rencana Anggaran Biaya adalah merupakan dokumen kontrak yang tidak wajib dipublikasikan, kecuali ada ijin dari pemegang kontrak, karena sebagai dokumen negara, apapun yang berkaitan dengan dokumen negara itu harus ada izin.

Sementara itu Pajar mengatakan, Kontraktor dalam hal ini PT Brantas Abipraya diwajibkan memampang Gambar dan RAB hanya di kantor atau direksi keet proyek saja.

Selanjutnya Camat Ciasem, Eza Zaithon Thowi Anshari, A.P.,M.Si., sebagai tuan rumah dalam sosialisasi ini kepada Perak menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, karena program dari pemerintah pusat dan berharap pihak BBWSC dan Kontraktor agar dapat membangun komunikasi yang baik demi kelancaran serta kondusifitas dari mulai dan selama pekerjaan berlangsung.

Camat Ciasem mengatakan, sosialisasi ini dihadiri oleh Camat Patokbeusi, Pabuaran dan Blanakan, Danramil Ciasem dengan anggota, Kapolsek Ciasem juga dengan anggotanya dan hadir juga dari Satpoldam Kabupaten Subang.

Baca Juga : Universitas Subang Gelar Sidang Terbuka

Nampak hadir juga dalam kesempatan itu, para kepala desa Sekecamatan Ciasem, UPTD Pertanian, Gapoktan, Karang Taruna, Pers, LSM dan Ormas. (Hendra/Galang)

Berita Lainnya