oleh

Kang Akur Ungkap Visi Pemanfaatan Lahan Di Subang Kepada Pihak Bappenas & Kementan RI

SUBANG, (PERAKNEW).- Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menerima kunjungan Direktur Pangan dan Pertanian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pertanian (Kementan) dan Koordinator program anggaran, Koordinator perencanaan Bappenas, Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas). Sabtu (23/04/22).

Kunjungan tim Bappenas tersebut diterima di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Subang oleh Wakil Bupati Subang didampingi oleh Kadis Pertanian Nenden Setiawati, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kadisnakeswan) Bambang Suhendar dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang Hendrawan.

Kunjungan Bappenas ke Kabupaten Subang tersebut membahas terkait program-program kerjasama antara Pemerintah Daerah (Pemda) Subang dengan Bappenas dan beberapa kementrian terkait penerapan program dan kerjasama pengembangan sektor pertanian holtikultura seperti bawang merah, lengkeng, melon dan cabai dalam mendukung penguatan ketahanan pangan di Indonesia.

Kang Akur Ungkap Visi Pemanfaatan Lahan Di Subang Kepada Pihak Bappenas & Kementan RI2

Direktur Pangan dan Pertanian Ir.R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, MEM menyampaikan bahwa dimasa pandemi tantangan terbesar adalah menyelamatkan kehidupan sosial diantaranya melalui ketahanan pangan yang terpenuhi sehingga untuk tahun 2022 waktunya untuk pemulihan yang saat pandemi mulai terdampak, dan untuk tahun 2023 seterusnya akan terus meningkatkan pertumbuhan pertanian.

“Subang yang memiliki demografi yang potensial diempat sektor, yaitu pertanian, perikanan, peternakan dan holtikultura sangat cocok dipilih untuk lokasi pengembangan pertanian mengingat Subang memiliki lahan pertanian yang luas dan didukung dengan pembangunan yang saat ini mendukung menuju kawasan industri dan perdagangan seperti hadirnya Patimban, kawasan Surya Cipta dan kawasan industri lainnya.” Ujarnya.

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kemenko Perekonomian, R.R. Yuli Sri Wilanti menuturkan perlu adanya sinergi pemerintah pusat melalui kementerian dengan pemerintah daerah melalui penguatan program-program yang akan dilakukan dalam inovasi pertanian mengingat Subang memiliki potensi yang komplit dari pertanian, perikanan dan peternakan.

Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang menyambut baik kunjungan dari tim Bappenas dan Kementerian Pertanian RI.

Baca Juga :  Pemdes Rancaudik Gelar Malam Nuzulul Qur’an 1443 H

“Terima kasih atas rencana kerjasama dan bantuan dalam pengembangan sektor pertanian di Subang seperti percobaan pengembangan pertanian bawang merah, lengkeng, melon, cabai dan pertanian holtikultura lainnya.
Berbagai Inovasi dan kegiatan program dari pusat terutama pertanian dibutuhkan sekali mengingat pandemi memberikan dampak baik dalam produktivitas maupun penganggaran APBD terkikis.”

Kang Akur menuturkan lahan pertanian Subang sangat luas, dengan adanya Pelabuhan Patimban, pembangunan tol Patimban dan kawasan industri lainnya dipastikan akan merubah fungsi lahan, karenanya Pemerintah Daerah Kabupaten Subang akan manfaatkan kembali lahan Perhutani maupun PTPN yang kurang produktif sehingga Subang akan tetap menjadi lumbung nasional dan mampu menjaga ketahanan pangan.

Baca Juga : Puncak BUBOS 6, Kang Jimat Sampaikan Pantun Subang Jawara

“Sudah ada beberapa upaya inovasi kerjasama antara Pemda Subang dengan IPB dengan kampung inovasinya didaerah Compreng dalam rangka pengembangan produktivitas hasil pertanian.” Pungkas Kang Akur. (Hum)

Facebook Comments

Berita Lainnya