oleh

Soal Dugaan Korupsi Pemdes Pamanukan Hilir, Polres Subang Masih Tunggu Hasil Audit Irda

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).- Terkait penanganan kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) dan anggaran lainnya di Pemerintahan Desa Pamanukan Hilir, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang yang mencapai Rp908 juta, pihak Unit Tindak Pidan Korupsi (Tipidkor) Polres Subang masih tetap menanti hasil audit investigasi Inspektorat Daerah (Irda) Subang.

Kanit Tipidkor Polres Subang, IPDA Donny Kustiawan mengatakan, “Dari kami sudah ekspos dan kami masih menunggu surat hasil audit investigasi dari Irda, katanya masih nunggu tandatangan bupati dan kepala Irda nya, kalau dari kami tinggal gelar saja kalau hasilnya sudah sampai pada kami,” ungkapnya kepada Perak, Kamis (4/2/2021) di ruang kerjanya.

Seperti telah diberitakan Perak diedisi sebelumnya, Kanit Tipikor mengatakan, Rabu (30/12/20), “Semua pihak terkait kasus ini sudah kami periksa dan pengumpulan barang bukti dengan cara turun ke lapangan juga sudah kami lakukan, saat ini tinggal nunggu hasil audit investigasi dari Irda Subang,” katanya.

Ketua BPD, Muktar telah menyerahkan atau melaporkan hasil investigasinya bersama para tokoh masyarakat setempat, terkait dengan dugaan korupsi yang dilakukan Kades Udin Jamaludin sebesar kurang lebih Rp900.000.000,- kepada Unit Tipikor Polres Subang.

Tidak hanya itu, BPD juga menemukan langsung dugaan penggelapan uang hasil sewa tanah bengkok seluas 7000 M2 yang berlokasi di Desa Tegalurung selama 5 tahun oleh Kades Udin Jamaludin.

Faktanya, informasi tersebut langsung diterimanya dari seorang yang menyewa tanah bengkok. Bahkan, yang kedua, Kades Udin juga diduga menggelapkan uang sewa tanah seluas 8,2 Hektar.

Selenjutnya, Dana untuk Modal BUMDes senilai Rp40.000.000,- pengajuan Kades lama bernama Engkur, juga raib oleh sang kades dan banyak dugaan korupsi lainnya, “Saya anggap, bahwa Kades Udin Jamaludin ini tidak amanah, serta tidak cakap mengelola keuangan desa,” tandasnya. (Hendra2)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya