Demi Keutuhan NKRI, Kodim 0605 Bareng Polres Subang Upacara Hari Pancasila

SUBANG, (PERAKNEW).- Meski diguyur hujan cukup lebat sejak pagi hari, Kamis (1/6), tak menyurutkan semangat patriotisme para peserta dari jajaran Kodim 0605 Subang, Mapolres, dan Subdenpom Subang, untuk mengikuti upacara bendera peringatan hari lahirnya Pancasila di halaman Makodim 0605 Subang, Jln. Mayjen Sutoyo, Subang.

 

Upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, dipimpin langsung Letkol Inf Fikri Ferdian, S. Sos, M.M., bertugas selaku Inspektur upacara, didampingi Kapolres Subang AKBP. Yudhi Sulistianto Wahid. S.IK., Peserta upacara pun diikuti puluhan PNS dari Kodim 0605 Subang dan Polres Subang.

 

Dandim 0605 Subang, Letkol Inf. Ferdian menuturkan, jika peringatan hari lahirnya pancasila merupakan momentum sangat penting, agar kita Bangsa Indonesia lebih memahami dan menghayati lahirnya Pancasila sebagai dasar negara. Yang dijadikan pijakan atau pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Apalagi menurutnya, saat ini Negara Indonesia sedang menghadapi ujian Kebhinekaan. Banyak oknum yang merongrong Kebhinekaan kita dengan cara memecah belah belah persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

 

“Dengan demikian, TNI dan Polri merupakan benteng terdepan untuk menjaga Pancasila dan rongrongan kebhinekaan itu,” tegas Dandim 0605 Subang disela-sela upacara peringatan hari lahirnya Pancasila.

 

Menurutnya, upacara peringatan hari lahirnya Pancasila yang dilaksanakan secara bersama di Makodim pun, merupakan wujud bukti soliditas TNI dan Polri untuk bersama-sama menjaga Pancasila dan mengamalkan nilai-nilainya kepada masyarakat secara luas dengan menjaga rasa kesatuan dan persatuan.

 

“Jadi upacara peringatan hari lahirnya pancasila ini bukan hanya seremonial semata. Namun benar-benar harus direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari, ” ujarnya.

 

Dandim juga berpesan kepada seluruh anggota TNI dan Polri, agar selalu menjaga solidaritas dan komunikasi yang baik. Hal ini juga guna menangkal berita-berita hoax yang sengaja disebarkan oknum di berbagai media sosial untuk memecah belah bangsa. Terutama dalam hal ini, sasarannya TNI dan Polri, karena dua institusi negara yang paling depan menjaga keutuhan negara dan mengamankan Pancasila.

 

“Dimana saat ini jarimu harimaumu. Maka TNI dan Polri berhati-hatilah dalam menyebarkan berita yang ada bernada provokasi dan menjelekan TNI dan Polri,” jelasnya.

 

“Untuk itu, soliditas dan Integritas antara TNI dan Polri bukanlah omong kosong atau seremonial semata. Saya harapkan ketika ada perselisihan yang melibatkan anggota TNI dan Polri segera selesaikan dengan baik dan kekeluargaan,” harapnya.

 

Sementara, Kapolres Subang AKBP. Yudhi Sulistianto Wahid, S.IK. bahwa, peringatan hari lahirnya Pancasila merupakan hari yang sangat sakral bagi bangsa dan negara indonesia. Karena Pancasila merupakan pedoman dasar berbangsa dan bernegara.

 

Melalui momentum ini, Kapolres mengatakan dengan tegas , bahwa Soliditas dan Integritas TNI dan Polri bukanlah omong kosong, “wujud soliditas dan Integritas TNI dan Polri sudah masuk dalam hati dan jiwa kita bersama. Saya juga berharap anggota polisi dilapangan bisa berkomunikasi dengan baik dengan anggota TNI. Demi terciptanya kondusifitas dan stabilitas keamanan di Kabupaten Subang,” tegasnya. Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here