DENPASAR, (PERAKNEW).- Dalam rangka acara peringatan Hari Ulang Tahun Undang Undang Pokok Agraria (UUPA) dan Tata Ruang Nasional ke-56 tahun 2016, bertempat di lapangan olah raga Kanwil BPN Prov. Bali melaksanakan upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2016. Upacara yang dipimpin langsung oleh Kakanwil BPN Prov. Bali, Dra. Fatimah Saleh M.Si. Sabtu, (24/9).

Upacara yang diikuti oleh para Pejabat Eselon III, IV dan V BPN  se-Bali, seluruh staff Kanwil BPN Prov. Bali serta perwakilan dari SKPD Dekonsentrasi Tata Ruang. Tema peringatan HUT UUPA yang ke-56 ini “Reforma Agraria dan Tata Ruang yang berkeadilan”.

Kakanwil BPN Prov. Bali, Fatimah Saleh, menyampaikan pidato sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Sesuai visi dan arahan Presiden RI, Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mencanangkan 3 (tiga) Program Strategis selama tahun 2016-2019 diantaranya, Percepatan legalisasi asset secara sistematik sebanyak 23,21 juta bidang.

Percepatan pengadaan tanah untuk mendukung program strategis pembangunan antara lain untuk pembangkit listrik 35.000 MW, Jalan Tol 7.338 km, 24 Bandar Udara, Jalur Kereta Api 3.258 km, 24 Pelabuhan, 5 juta unit rumah MBR, 49 Waduk, 1 juta hektar Jaringan Irigasi, 12 Kawasan Ekonomi Khusus, 15 Kawasan Industri, 78 unit Stasiun BBG, dan 2 Kilang Minyak.

Dan Pelaksanaa Reforma Agraria, dengan sasaran terdiri dari 0,6 juta hektar tanah transmigrasi yang belum bersertifikat, 3,9 juta hektar legalisasi asset masyarakat, 0,4 juta hektar tanah terlantar, dan4,1 juta hektar tanah pelepasan kawasan hutan.

“Kanwil BPN Prov. Bali mempunyai target legalisasi aset sebanyak kurang lebih 27 ribu sertifikat, baik dengan Prona, UKM, dan Pertanian. Didalam 27 ribu ini sudah kita serahkan sebanyak kurang lebih 12 ribu, dan sisa 7 ribu rencana kita akan serahkan dalam waktu dekat ini,” imbuh Fatimah Saleh.

Selanjutnya, selesai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Fatimah Saleh selaku Kakanwil BPN Prov. Bali serta acara ramah tamah seluruh pejabat dan seluruh staff BPN Kanwil yang bertempat di Aula Kantor Wilayah BPN Prov. Bali.

Adapun kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh panitia untuk meramaikan HUT UUPA ke-56 mengadakan berbagai lomba yang diikuti oleh keluarga besar BPN se-Bali di antaranya, Lomba Penjor dengan hasil Juara 1 BPN Kab. Bangli, Juara 2 BPN Kab. Gianyar, dan Juara 3 diraih oleh BPN Kab. Klungkung.

Lomba tari poco-poco juara 1 diraih oleh BPN Kab. Buleleng, juara 2 diraih oleh BPN Kab. Gianyar, dan juara 3 diraih oleh BPN Kota Denpasar. Serta diramaikan dengan lomba makan krupuk dan hiburan. Yudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here