Bupati Buleleng Serahkan 10.170 Sertifikat PTSL

oleh -2 views
Bupati Buleleng Serahkan 10.170 Sertifikat PTSL

BULELENG-BALI, (PERAK).- Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, S.T., menyerahkan sejumlah 10.170 bidang sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara langsung kepada perwakilan masyarakat Kabupaten Buleleng, di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Rabu, (30/1/19).

Pemerintah Daerah Buleleng mendukung penuh program PTSL dengan memfasilitasi penyuluhan atau sosialisasi kepada aparat desa tentang PTSL dan juga telah membuat tim pendamping PTSL dari Tahun 2018 yang bekerjasama dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Buleleng dalam mendata masyarakat yang memiliki tanah namun belum bersertifikat.

Bupati Buleleng yang akrab disapa PAS itu, dalam sambutannya menyampaikan, “Tahun 2019 sertifikat PTSL yang akan dibagikan di Kabupaten Buleleng berjumlah 10.170 bidang sertifikat. Rinciannya sebagai berikut, 1.487 bidang Sertifikat Hak Milik (SHM) perorangan dengan penerima sertifikat sebanyak 780 orang dan 8.683 bidang SHM komunal Desa Pakraman dengan penerima sertifikat sebanyak 51 Desa Pakraman,” katanya.

Lebih lanjut Bupati PAS menerangkan, bahwa sertifikat yang dibagikan kali ini merupakan capaian pada Tahun 2018 dan kedepannya diminta kepada seluruh jajaran Pemkab Buleleng yang terkait agar berperan lebih aktif dalam mensukseskan program PTSL, khususnya kepada camat, lurah dan perbekel dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal, dalam mengawal penyelenggaraan PTSL. Sehingga hasil capaian PTSL Tahun 2019 yang menargetkan seluruh bidang tanah di Bali dan Buleleng pada khususnya dapat tercapai.

Selain itu, Bupati PAS juga memberikan apresiasi kepada Kantor Pertanahan Buleleng, beserta jajaran atas kerjasama dan sinergitasnya sehingga program PTSL berjalan dengan optimal. Kepada masyarakat penerima sertifikat tanah, diminta untuk menggunakan sertifikatnya dengan baik dan benar yang bersifat produktif bukan konsumtif. Sehingga program PTSL bermanfaat baik bagi kesejahteraan masyarakat Buleleng.

Selanjutnya, Bupati PAS didampingi Kepala Kanwil BPN Provinsi Bali dan Kepala Kantor BPN Buleleng menyerahkan sertifikat kepada perwakilan masyarakat Buleleng dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Buleleng, Sekda Buleleng, Para Asisten, Staf Ahli dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng. (Tim/Hm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *