oleh

Ruwat Bumi Desa Margasari, Kang Jimat Ajak Gotong-royong

PERAKNEW.com – Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Ruwat Bumi bersama Masyarakat Desa Margasari, Kecamatan Dawuan. Minggu, 7 Agustus 2022.

Selain dilaksanakan dalam rangka Ruwat Bumi sebagai wujud syukur atas panen raya, kegiatan tersebut juga sekaligus memperingati Hari Milangkala ke 38 Desa Margasari dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 77 tahun.

Kehadiran Kang Jimat disambut dengan antusias oleh para warga Desa Margasari. Kang Jimat disambut sekaligus menaiki kesenian Sisingaan bersama Kadis Pertanian, Camat Dawuan serta Kades Margasari. Selain itu, ikut memopong Sisingaan Kadis LH Subang H. Hidayat.

Ruwat Bumi Desa Margasari, Kang Jimat Ajak Gotong-royong

Selain itu, dilaksanakan pula arak-arakan yang diikuti oleh seluruh Rukun Warga (RW) se-Desa Margasari dengan menampilkan hasil bumi serta kesenian khas daerah dan disaksikan langsung oleh Kang Jimat beserta jajaran.

Baca Juga : Kepedulian Ponpes Roudlotut Tarbiyyah Terhadap Masyarakat Tanpa Pilih Kasih

Kades Margasari Nanang Setiapraja dalam sambutannya mengajak semua masyarakat Desa Margasari untuk bersama-sama bergotong royong untuk membangun Desa.
“Semua masyarakat, mari kita bergotong-royong berkolaborasi untuk membangun Desa.”

Selanjutnya, Camat Dawuan Yuli Merdekawati dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang saat ini dilaksanakan merupakan salah satu wujud syukur kepada Allah SWT.
“Hari ini adalah bentuk syukur kita kepada Allah SWT.”

Selain itu, Yuli juga menyampaikan bahwa kehadiran Kang Jimat menjadi salah satu motivasi bagi dirinya beserta seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung program Kabupaten Subang untuk mewujudkan Subang Jawara.
“Kehadiran Pak Bupati menjadi motivasi bagi kami untuk ngarojong Subang untuk Subang Jawara.”

Baca Juga : Pesan Mimih Manfaatkan Perlombaan Bercerita dan Launching Simadu Maca, Demi Mengembangkan Kegemaran Membaca Anak

Yuli juga menyampaikan bahwa saat ini Kecamatan Dawuan tengah membangun Desa untuk menjadi Desa Mandiri, dimana Desa membangun dengan program swadaya masyarakat. “Ada beberapa jalan penghubung Desa yang melalui swadaya masyarakat.”

Pada kesempatan tersebut diserahkan secara simbolis kunci untuk satu unit mobil kepada Desa Margasari, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Subang kepada Desa Margasari sebagai Desa lunas PBB tahun 2022.

Sementara itu,membuka sambutannya, Kang Jimat mengapresiasi Kepala Desa Margasari yang telah gigih memperjuangkan rakyatnya dalam rangka mewujudkan Pembangunan di Desa nya.
“Bangga bapak-bapak punya Kepala Desa yang gigih, nyaah ka rakyatna.”

Baca Juga : KKN Unsub Pemberdayaan BUMDes Subang Jawara

Kang Jimat juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Desa Margasari, dan berharap Allah meridhoi Desa Margasari.
“Dina raraga ruwat bumi, atau ulang tahun Margasari, simkuring atas nama pemerintah daerah ngucapkeun selamat, wilujeng ulang tahun Desa Margasari, semoga Allah meridhoi.”

Terkait pembangunan di Desa Margasari, Kang Jimat menghaturkan terima kasih, karena warga bersama Pemerintah Desa, mampu menjalankan pembangunan dengan cara bergotong-royong.

Selain itu, Kang Jimat juga berterima kasih kepada warga yang telah menghibahkan lahannya untuk pembangunan jalan di Desa Margasari. “Bral, rojong sauyunan, Saha wae nu ngahibahkeun jalan, pasti allah akan ngabales kahadean bapak ibu sadayana. Lamun jalan tos kabangun, Insha Allah, pahala dari Allah akan selalu mengalir”

Baca Juga : Pemdes Rancaudik dan MUI Gelar Istighosah Sambut 1 Muharam 1444 H

Kang Jimat juga terus mengajak para warga untuk bersama bergotong-royong dalam pembangunan, dan dirinya akan siap mendukung apa yang dilaksanakan oleh masyarakat selama hal tersebut memberikan manfaat untuk sesama.

“Hayu urang silih rojong tina pangwangunan, ulah silih tengkas. Simkuring ngarojong, nganuhunkeun ka warga Desa Margasari, ku ayana sauyunan. Lanjutkeun kabiasaan nu hade ieu”

Selanjutnya, Kang Jimat pun memohon maaf atas tidak maksimalnya pembangunan karena adanya Covid-19. “Hapunten simkuring, insha Allah moal rek di salah gunakeun anggaran nu aya di Kabupaten Subang, da kuring ge sieun, kuring ge hayang ngenah sare.”

Baca Juga : Percepatan Penanganan Stunting, Pemda Subang laksanakan Rakor bersama Forkopimda

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pemotongan Kue sebagai simbolis wujud syukur atas telah dilaksanakannya kegiatan Ruat Bumi dan HUT Republik Indonesia serta HUT Desa Margasari.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Kadisparpora Subang, Kaban Bapenda serta Muspika Kecamatan Dawuan. (Hum)

Facebook Comments

Berita Lainnya