Rokhimu; “Pemcam Purwadadi Harus Beri Sanksi Tegas Pembuang Sampah Sembarang”

oleh -7 views
Rokhimu; “Pemcam Purwadadi Harus Beri Sanksi Tegas Pembuang Sampah Sembarang”

PURWADADI-SUBANG, (PERAKNEW).- Terkait telah diberlakukannya sudah lama Peraturan Daerah (Perda) Subang tentang Kebersihan Ketertiban dan Keindahan (K3), Aktivis Pemerhati Lingkungan Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Rokhimu setuju atas sanksi tegas dalam Perda tersebut, bagi mereka yang membuang sampah sembarangan.

Rokhimu mengatakan, bahwa kedisiplinan perlu diterapkan untuk masyarakat, mulai dari hal kecil, jangan buang sampah sembarangan. Sudah banyak contoh daerah yang memberlakukan aturan tegas bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Seperti yang terjadi di Wilayah Kecamatan Purwadadi, meskipun sudah dipampang tulisan dilarang membuang sampah. Akan tetapi disepanjang jalan raya antara SMAN 1 Purwadadi-Pom bensin, masyarakat masih saja membuang sampah seenaknya, “Kalau tidak dibuat aturan dan diberi sanksi yang tegas bagi pelanggar kebersihan, mereka tidak akan jera,” kata Rokhimu, Kamis (07/03/2019).

Menurut Rokhimu, “Pihak Pemcam Purwadadi harus berani membuat terobosan. Kan sudah ada Peraturan Daerah Subang nomor 13 tahun 2006 tentang K3. Aturan soal kebersihan ini, bisa ditegakkan asal konsisten dan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Diapun menyarankan, agar Pemcam Purwadadi berani membuat peraturan tentang pengelolaan sampah, mungkin termasuk juga sanksi tegas bagi mereka yang membuang sampah sembarangan, “Intruksikan ke seluruh kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Purwadadi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa membuang sampah pada tempatnya, adalah perilaku yang baik. Kalau dalam Islam namanya akhlak, perilaku yang baik itu bila terus menerus akan menjadi culture dan masyarakat akan merasa salah bila tidak melakukan itu,” tutur Rokhimu. (Hamid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *