oleh

Roadshow Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Bupati & Wabup Subang Jimat-Akur

PERAKNEW.com – Bupati Subang, H. Ruhimat (Kang Jimat) bersama Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi (Kang Akur) Roadshow Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Jimat-Akur, di Lapang Desa Majasari, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, pada Hari Kamis, 8 Juni 2023.

Camat Cibogo, Sri Novia, S.I.P., dalam ucapan selamat datangnya menuturkan masyarakat Cibogo sangat antusias dengan kedatangan Kang Jimat-Akur ke Kecamatan Cibogo, “Maka dari itu kami masyarakat Cibogo ingin memberikan ucapan terima kasih atas kedatangan kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati,” ucapnya.

Sri Novia menyatakan, Refleksi Kepemimpinan Jimat-Akur adalah momentum yang berarti bagi Kabupaten Subang dan Cibogo adalah Kecamatan ke dua diadakannya Roadshow refleksi ini.

Selain itu, Sri Novia juga menyatakan dalam menjalankan pemerintahan, Kang Jimat-Akur selalu mencurahkan segala kontribusi terbaik kepada masyarakat Kabupaten Subang.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si., dalam Laporan Kinerja Pemerintah Kabupaten Subang menyatakan, bahwa Refleksi Jimat-Akur ini merupakan alat evaluasi dan penyampaian kinerja kepada masyarakat, “Yang dilakukan Jimat-Akur diibaratkan sebagai pembangunan sebuah rumah yang layak untuk 1,5 juta warga Kabupaten Subang, rumah ini diharapkan bersih, maju, sejahtera dan berkarakter,” paparnya.

Selanjutnya, Sekda Subang menyampaikan terkait berbagai pencapaian yang diraih oleh Jimat-Akur selama kepemimpinannya selama 5 tahun, seperti raihan 2 kali berturut turut Meritrokasi dengan kategori baik yang merupakan penghargaan atas kebijakan Zero Rupiah dalam reformasi birokrasi, WTP sebanyak 5 kali secara berturut-turut dan berbagai penghargaan lainnya.

Selanjutnya, Sekda Subang pun menyatakan, bahwa tema yang diambil pada Refleksi ke 5 tahun kepemimpinan Jimat-Akur ini merupakan komitmen dalam keberlanjutan pembangunan, “Mari bersama-sama menguatkan tekad, mengerahkan seluruh kemampuan untuk memastikan keberlanjutan pembangunan terhadap apa yang sudah dirintis oleh Kang Jimat dan Kang Akur di periode tahun 2019-2023,” tuturnya.

Baca Juga : Prof. Ermaya Angkat Bicara Soal Pencemaran Lingkungan oleh Limbah Pabrik di Subang

Agenda dilanjutkan dengan menyaksikan video Testimoni dari masyarakat Kabupaten Subang terkait Kepemimpinan Jimat Akur, baik Kebijakan maupun pencapaian-pencapaian yang diraih dilanjutkan dengan menyaksikan video Subang di masa Depan.

Roadshow Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Bupati & Wabup Subang Jimat-Akur1

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Subang, Kang Akur menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya Roadshow Refleksi Jimat-Akur ke 5 tahun adalah untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan terkait berbagai program yang telah, tengah dan akan dilaksanakan, “Di momen yang berbahagia ini kami ingin bersilaturahmi sambil napak tilas, sehingga masyarakat Cibogo tahu apa yang sudah kami lakukan, yang kami belum lakukan, apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus diteruskan,” ucapnya.

Sementara itu, Kang Akur menyatakan, bahwa Jimat-Akur sejak dilantik di tahun 2018, telah ‘tancap gas’ dalam membangun reformasi birokrasi, “6 bulan kami memimpin, KPK mengganjar kami dengan WTP untuk Kabupaten Subang, dan itu kami pertahankan sampai bulan ini. Dengan itu kami sudah meraih 5 kali WTP berturut-turut. Zero rupiah itu benar-benar diterapkan,” ujarnya.

Kang Akur pun menjelaskan, bahwa berbagai program pembangunan infrastruktur telah direncanakan, walau sempat terdampak karena pandemi, namun pada akhirnya pembangunan tetap diperjuangkan oleh Jimat-Akur.

Selain itu, Kang Akur juga menjelaskan terkait berbagai usaha yang Kang Jimat lakukan demi Kabupaten Subang, hingga harus menaiki ojek online untuk dapat berkoordinasi dengan beberapa Kementerian, “Alhamdulillah dengan izin Allah subhanahu wa ta’ala, Pak Bupati ke Jakarta, tak pernah lelah dari Kementerian ke Kementerian lainnya dengan menggunakan jasa ojek online, dalam rangka apa, yaitu untuk Kabupaten subang,” ucapnya.

Kang Akur juga menjelaskan, terkait berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan di masa kepemimpinan Jimat-Akur, yang merupakan ide besar untuk masa depan Subang yang lebih baik, “Ini merupakan Ide besar untuk membangun Subang, karena kalau tidak begitu Subang akan ketertinggalan, ini merupakan terobosan dari Pak Bupati. Kalau hari ini masih banyak jalan yang belum diperbaiki tentu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, akan tetapi kami tidak berhenti di satu aspek,” ungkapnya.

Baca Juga : Ketua PWI Lampung Lantik Ketua PWI Kab. Lampung Timur

Kang Akur menjelaskan, selain pembangunan infrastruktur, Kang Jimat dan dirinya tidak ingin masyarakat Subang hanya menjadi ‘penonton di rumah sendiri’ maka dari itu tidak tanggung-tanggung, pada tahun 2022 Subang mengangkat tenaga PPPK terbanyak di antara Kabupaten-Kota lain di Provinsi Jawa Barat.

Kang Akur juga menyampaikan masih banyak kekurangan dalam kepemimpinan Jimat-Akur, akan hal itu, dirinya meminta bantuan kepada para stakeholder untuk bersama-sama membawa Kabupaten Subang ke arah lebih baik, “Guyub dan gotong royong, sesuai dengan motto Rakyat Subang Gotong Royong, Subang Jawara,” harapnya.

Roadshow Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Bupati & Wabup Subang Jimat-Akur2

Sementara itu, Kang Jimat menegaskan dirinya telah menjalankan zero rupiah dalam membangun birokrasi, karena itu dirinya menjamin jika ada ASN yang tidak maksimal melayani rakyat, masyarakat dapat melaporkan ke Camat bahkan sampai ke Bupati, “Alhamdulillah dalam kepemimpinan Jimat-Akur Kabupaten Subang telah meraih anugerah Meritokrasi dari Kementerian PAN-RB,” tutur Kang Jimat.

Kang Jimat juga menuturkan, industrialisasi yang hadir di Kabupaten Subang membawa dampak positif dan negatif, maka dirinya memperjuangkan pembangunan infrastruktur agar akses jalan sudah siap menunjang kehadiran kawasan industri, serta mengurai kemacetan di Kabupaten Subang.

Kang Jimat menuturkan, dirinya memperjuangankan peningkatan PAD Kabupaten Subang, maka dari itu dirinya membentuk Perda Investasi di Kabupaten Subang, agar menjamin kenyamanan, dan keamanan para investor berinvestasi di Subang, pada akhirnya PAD yang dihasilkan dapat membangun Kabupaten Subang.

Selanjutnya, pada kesempatan tersebut dilaksanakan pemberian hadiah utama undian doorprize berupa Sepeda dan TV LED. Acara dilanjutkan dengan tausiyah Hj. Aah Nurul Muhibbah tentang kemuliaan peran wanita dalam keluarga.

Baca Juga : Berkunjung ke Desa Wisata Lembur Cigarukgak, Tri Mumpuni Berikan Solusi Untuk Pertanian Subang

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, Para Asda, Para Kepala OPD, Para Kabag, Perangkat Kecamatan Cibogo, Perangkat Desa se-Kecamatan Cibogo, serta para tokoh masyarakat Kecamatan Cibogo. (Hum/Red)

Berita Lainnya