oleh

Rangkaian HUT Kota Cimahi ke-23, DLH Gelar Uji Emisi Gratis

PERAKNEW.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi kembali menggelar Uji Emisi Gratis bagi kendaraan roda empat pribadi, dinas atau angkutan barang yang tidak wajib KIR.

Kegiatan ini merupakan rangakai acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cimahi yang ke- 23 yang akan diperingati pada tanggal 21 Juni mendatang.

Uji Emisi Gratis yang akan diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 11 Juni s.d 14 Juni 2024 ini merupakan kolaborasi antar perangkat daerah serta instansi vertikal di Kota Cimahi mulai dari Polres Cimahi, Subdenpom Kota Cimahi, Kodim 0609, PLN Cabang Cimahi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Asosiasi Bengkel Indonesia (Asbekindo) dengan melibatkan bengkel Toyota, Honda dan Daihatsu.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menargetkan sebanyak 600 unit kendaraan, target Uji Emisi tahun ini meningkat dratis menjadi 1.500 unit kendaraan dengan kuota pengujian sebanyak 500 unit kendaraan per hari. Uji Emisi Gratis ini diselenggarakan di tiga tempat, yakni hari pertama bertempat di Jl. Gedung Empat Kota Cimahi, hari ke dua dilaksanakan di Jl. HMS. Mintaredja SH Kota Cimahi dan hari terakhir di Area Parkir Pasar Kuda Citeureup Jl. Sangkuriang Cipageran Kota Cimahi.

Baca Juga : Bupati Indramayu Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 167 Kuwu

“Uji Emisi Gratis ini dilakukan untuk mengevaluasi kualitas udara di kota Cimahi dengan target sebanyak 1.500 kendaraan,” tukas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Chanifah Listyarini.

Uji emisi dilakukan untuk mengetahui kondisi kendaraan dengan mengecek emisi atau gas mesin yang dibuang ke udara. Emisi atau gas buang kendaraan adalah sisa pembakaran di ruang mesin, yang akan keluar melalui exhaust system atau knalpot. Gas buang sisa pembakaran ini sangat berbahaya karena mengandung cukup banyak zat beracun, di antaranya karbon monoksida, karbon dioksida, nitrogen oksida dan hidrokarbon. Oleh karenanya setiap kendaraan perlu melakukan uji emisi untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin. Pengujian ini perlu dilakukan karena memberikan dampak besar bagi lingkungan hidup maupun kondisi kendaraan itu sendiri.

Chanifah juga menyebutkan bahwa ada perbedaan pada kegiatan Uji Emisi tahun ini, bukan hanya kuota kendaraan yang mengikuti uji emisi namun juga ada beberapa pengujian lain yang dilakukan untuk mengevaluasi kualitas udara Kota Cimahi, “Tahun ini kita ada tiga kegiatan yaitu yang saya katakan tadi ada pengukuran uji emisi, traffic counting dan roadside monitoring,” ungkapnya.

Baca Juga : Ki TB Inggit Albantani Beserta Rekannya Turut Meriahkan Milad FMP Jabar ke-19

Disinggung mengenai kualitas udara di Kota Cimahi, Chanifah menyebut bila kualitas udara Kota Cimahi berada di tingkat yang baik. Ia pun menyebutkan bahwa hasil uji emisi akan memperlihatkan apakah masyarakat Kota Cimahi sudah melakukan perawatan terhadap kendaraannya dengan baik atau kah sebaliknya. Karena menurut Chanifah, kendaraan dengan bahan bakar fosil berpotensi untuk mencemari lingkungan terutama bila tidak dirawat dengan baik.

Senada dengan Chanifah, Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan DLH Kota Cimahi Ario Wibisono mengungkapkan bahwa kualitas udara di Kota Cimahi relative baik bila dibandingkan dengan kota-kota lain di sekitarnya, “Alhamdulillah dua tahun terakhir kualitas udara Kota Cimahi cukup baik dibandingkan dengan wilayah Bandung Raya lainnya dan mudah-mudahan ini bisa kita jaga terus dan salah satu upayanya adalah seperti ini kita melakukan uji emisi gratis,” tutur Ario.

Ia optimis masyarakat Kota Cimahi akan mengikuti uji emisi yang dilaksanakan DLH Kota Cimahi ini karena selain gratis para peserta uji emisi juga dapat melakukan pengecekan kendaraannya, “Ini pun tidak hanya mengecek kualitasnya saja nanti ada arahan dari teknisi dari bengkel kalau misalkan ada yang tidak lulus apa yang harus diperbaiki dan seterusnya,” imbuhnya.

Baca Juga : Jelang Hari Anak Nasional, YBM PLN Kolaborasi Bersama Srikandi PLN UP3 Garut Salurkan Paket Daging Qurban ke Masyarakat dan Pondok Pesantren

Untuk kendaraan yang tidak lulus Uji Emisi, DLH Kota Cimahi telah berkoordinasi dengan pihak Aspekindo untuk diberikan pengarahan baik dengan bengkel Toyota, Honda dan Daihatsu sehingga dapat ditangani dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran udara dan menurunkan tingkat kualitas udara Kota Cimahi. (Harold)

Berita Lainnya