oleh

Pemuda Tani Iser Tingkatkan SDM- Pertanian di Lingkungannya

MAJALENGKA, (PERAKNEW).- Pemuda Tani Iser Majalengka yang beralamat di Dusun Iser-RT 03/RW 08, Desa Leuwi Munding, Kecamatan Leuwi Munding, Kabupaten Majalengka kini semakin berkiprah untuk memajukan kampung halamanya.

Saat di wawancara Perak, Heri Aprilyana yang lebih dikenal Heri Lapakusang, di Sekretariat Pemuda Tani Iser, Minggu (23/8/2020) menerangkan, “Pergerakan kami Alhamdulillah semakin diterima oleh masyarakat sekitar, terutama oleh para ibu-ibu di lingkungan sekitar, so Power Ema-ema mensuport, bahwa setelah ada perkumpulan Pemuda Tani Iser, desa kami semakin giat untuk memajukan desa,” tuturnya.

Sementara, berdirinya Pemuda Tani Iser ini atas gagasan aktivis Majalengka, kang Bayu Saeful Ulum, yang pernah ditemui oleh Perak pada Bulan Mei 2020.

Kemudian diapresiasi oleh Abdul Gani, Heri Widiyanto, Heri Lapakusang, Ardan Songot Maulana, Lukman dan kawan-kawan.

Saat ini Pemuda Tani Iser sedang membangun lahan kosong dilingkungan Desa Iser untuk dijadikan Obyek tempat bermain anak-anak, agar apabila anak-anak atau pemuda sekitar ingin bermain tidak usah jauh dari lingkungan.

Adapun yang akan disediakan di area bermain tersebut, adalah tempat Selfie dengan background gambar alami tapi menarik, tempat duduk santai sambil ngopi, sarana olah raga sederhana dan sebagainya.

Walau sudah merasa berhasil dengan karya bertani pada bulan lalu, Pemuda Tani Iser tetap akan terus mengembangkan konsep Pertanian Terpadu secara alami ataupun modern.

Heri Lapakusang juga memaparkan, bahwa hasil panen bayam kemarin lebih diutamakan untuk dibagikan ke masyarakat sekitar ketimbang untuk dijual.

Mengapa demikian, karena untuk memotifasi kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan-lahan kosong supaya menjadi produktif.

Selain itu, Pemuda Tani Iser juga sedang bergiat membuat rak- rak untuk tanaman didepan halaman rumah – rumah dilingkungan sekitar, agar terlihat asri lebih hijau, kalau diprogram pemerintahan pada Tahun 2010 lalu lebih dikenal KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), hanya saja bedanya kalau KRPL dibiayai Pemerintah kalau Ide Pemuda Tani Iser biayanya dari swadaya atau dari para aktivis dan Pemuda Tani Iser. (Pepen Adi)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya