oleh

Panwascam Purwadadi Gelar Sosialisasi Partisipatif Awasi Pemilu

PURWADADI-SUBANG,(PERAK). – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Purwadadi, Kabupaten Subang menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, di Aula Desa Blendung, Kec. Purwadadi, Kab. Subang, Selasa (23/10/18).

Ketua Panwascam Purwadadi, Anjar Pratama, S.T., mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan kesepahaman tentang proses tahapan dan pelaksanaan pemilu 2019, “Kami dari panwascam Purwadadi mengajak semua masyarakat terlibat dan turut aktif mengawasi Pemilu. Sehingga tercipta pemilu yang bersih dan melahirkan pemimpin yang kredibel,” ujarnya, sambil membuka acara.

banner 728x90

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kab. Subang, H. Drs. Parahutan Harahap mengungkapkan, sosialisasi ini menjadi tonggak untuk memperkuat pengawasan tahapan pesta demokrasi yang melibatkan berbagai unsur masyarakat, termasuk RT dan RW.

“Sosialisasi ini kegiatan lanjutan dari visi Bawaslu, yakni bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu menegakkan keadilan Pemilu,” ujarnya.

Sosialisasi parsitipatif ini juga bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tugas dan wewenang Bawaslu.

Menurut Parahutan, masyarakat berperan besar dalam mewujudkan pemilu yang bersih, demokratis, transparan dan berintegritas, “Kami menyadari, bahwa tanpa partisipasi masyarakat, pemilu yang jujur dan adil (jurdil) tidak akan tercapai, akibat terbatasnya tenaga dan sebagainya. Ini yang menjadi dasar pelaksanaan sosialisasi hari ini, mengajak masyarakat untuk terlibat sebagai relawan pengawas pemilu,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri, Muspika Kec. Purwadadi, perwakilan RT dan RW se-Kec. Purwadadi, Kartun Kec. Purwadadi dan para tokoh masyarakat setempat.

Acara tersebut berlangsung khidmat dalam nuansa dinamis dan kekeluargaan. (Hamid)

Berita Lainnya