oleh

Diduga Oknum Polsek Pagaden Tipu Warga

SUBANG, (PERAKNEW).- Oknum Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Pagaden-Resort Subang, Inisial RN berpangkat BRIPKA diduga telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap salah seorang Warga bernama Dadang Nurjaya, Pekerjaan Wiraswasta, Alamat Kp. Jatilima RT017/002, Desa Kediri, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang.

Pasalnya, RN menggadaikan sebuah mobil Toyota Avanza Nopol:  B 1096 PZX kepada Dadang Nurjaya sebesar Rp25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah), pada 17 September 2019, namun mobil tersebut, diambil kembali oleh RN tanpa mengembalikan uang gadainya kepada Dadang hingga sekarang.

Menurut kuasanya, Asep Sumarna Toha bahwa setelah di somasi pada 05 September 2020, saudara RN sempat datang menghadap dan menjanjikan akan mengembalikan uang pada 25 September 2020. Pernyataan tersebut tertuang dalam surat pernyataan tertanggal 09 September 2020 bermaterai.

Namun, masih menurut kuasanya, setelah jatuh tempo dan hingga sekarang (30/9/20) oknum tersebut tidak kunjung merealisasikan janjinya, bahkan percakapan di WhatsApp terkait kesanggupan pengembalian uang, saudara Ruli tidak menjawab.

Untuk itu, Asep mendesak Kapolres Cq Propam/Paminal Polres Subang untuk menindak tegas oknum tersebut, agar ada efek jera bagi siapapun anggota yang berbuat demikian.

Sementara itu, Kasi Propam Polres Subang, IPDA Irlianto ketika diinformasikan melalui WAnya terkait hal tersebut, Irlianto menyatakan akan melakukan pengecekan perkembangan proses hukumnya ke Paminal.

Sebagai edukasi untuk masyarakat, bahwa perbuatan yang dilakukan oknum tersebut, dapat diduga telah melakukan Tindak Pidana Penggelapan dan Penipuan sesuai dengan Pasal 372 Junto 378 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 4 (empat) tahun Penjara.

Tidak hanya itu, sesuai dengan profesinya, RN dapat ditindak sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pelaksanaan Teknis Institusional Peradilan Umum Dari Anggota Kepolisian Republik Indonesia (PP 3/2003) Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri 14/2011). (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya