Deputi III Kemen Kemaritiman Tinjau Pelabuhan Internasional Patimban

oleh
Deputi III Kemen Kemaritiman Tinjau Pelabuhan Internasional Patimban

Deputi III Kemen Kemaritiman Tinjau Pelabuhan Internasional Patimban

PANTURA-SUBANG, (PERAK).- Deputi III Bidang Koordinator Infrastruktur Kementrian Kemaritiman Republik Indonesia, Dr. Ir. Ridwan Djamaludin kunjungi lokasi pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban, Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang, guna meninjau kesiapan proses pembangunan Pelabuhan Patimban, Rabu (17/1/18).

Kunjungan ini sekaligus agenda NHK TV, yaitu salah satu TV Jepang yang nantinya akan ditayangkan secara eksklusif di TV tersebut.

Ir. Ridwan mengatakan, “Tujuan kunjungan ini untuk peninjau sudah sampai mana proses pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban ini. Juga dalam rangka mempersiapkan investor asing dari Jepang dan menentukan siap tidaknya masyarakat dan Pemerintahan Daerah terkait adanya pembangunan pelabuhan ini, juga agar mengetahui ada tidaknya komplain dari masyarakat,” ungkapnya.

Kunjungan Ridwan tersebut, disambut langsung oleh Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih, Camat Pusakanagara, Hj. Ela Nurlela dan juga dihadiri Kepala Satuan Kerja Pelabuhan Patimban Kementerian Perhubungan Pusat, Anwar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Udit, Kapolsek Pusakanagara, Kompol Syahidin, Danramil 0511 Pusakanagara, Kapten Arm Ma’ali, Kanit Polsek Pusakanagara, Ipda RA. Gani dan tamu undangan lainnya.
Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih menerangkan, bahwa perkembangan pembangunan Pelabuhan Patimban sudah siap aksi dan tahapan pembangunanyapun siap, “Untuk para investor, kami telah sediakan sesuai zona-zonanya,” katanya.

Mengenai pembebasan lahan, Imas menjelaskan, selain sudah ada tanah HGU dan pemerintah daerah, sudah mempersiapkan juga data lahannya, serta sosialisasi kepada masyarakat, “Jadi kita tinggal menuggu appraisal penentuan harganya dan mengenai harga, kita berharap masyarakat mendapat ganti untung bukan ganti rugi,” paparnya.

Ia juga menegaskan, bahwa pemerintah sudah mengeluarkan Perbup, tidak boleh dipindah tangankan, agar tidak ada hal yang menyulitkan kedepannya.

Sementara itu, Kepala Satker Pembangunan Pelabuhan Patimban Kementrian Perhubungan, Anwar mengatakan, proses pembangunan Pelabuban Patimban sedang berjalan dan pencanangan dimulai akhir Bulan Maret Tahun 2018, “Tahapan-tahapan pelaksanaan pelabuhan sudah berjalan dan tidak ada masalah, dana pinjaman tahap awal dari JICA sudah masuk dan pendanaan pembebasan akan dibiayai APBN,” terangnya.

Setelah memberikan penjelasan, kemudian semua rombongan meninjau tempat yang akan menjadi tempat pembangunan kemudian menaiki perahu Polair untuk melihat luas laut yang akan menjadi pelabuhan. (Hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *