SD SMP di Subang Perlu Direhab

SD SMP di Subang Perlu Direhab80% Ruang Kelas SD/SMP di Subang Perlu Direhab

SUBANG, (PERAKNEW).-  Dinas Pendidikan Kabupaten Subang melaporkan, sekitar 80% ruang kelas Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam kondisi rusak dan perlu segera diperbaiki.

Kepala Dinas Pendidikan Subang, H. Suwarna Murdias, menyebut, berdasarkan catatannya, saat ini terdapat 876 SD dari semula 1.007 SD di tahun 2003 dan 142 SMP, terdiri dari 75 SMP Negeri serta 67 SMP Swasta.

Dari total 1.018 sekolah SD dan SMP ini, kondisi bangunan yang mulus dan layak pakai, khususnya ruang kelas, hanya sekitar 20% saja. “Selebihnya, sekitar 80% harus direhab (diperbaiki), dengan komposisi 30% rehab berat dan 50% rehab ringan. Bahkan, banyak yang harus diganti bangunan baru, karena usia bangunannya sudah melebihi 25 tahun,” kata Suwarna.

Untuk memvalidasi data-data tersebut guna direncanakan perbaikan dan penganggaran, pihaknya masih melakukan pendataan dengan dapodik (data pokok pendidikan).
Suwarna menyebut, anggaran untuk merehab ruang kelas ribuan sekolah itu, akan diupayakan melalui APBN pemerintah pusat dan APBD provinsi, yang kondisi keuangannya melimpah.
“Kalau mengandalkan pemkab, anggarannya kan enggak memadai. Makanya, kami akan perjuangkan anggarannya dari pusat dan provinsi. Diharapkan, dengan dilakukan rehab bertahap infrastruktur pendidikan ini, bisa menunjang kenyamanan belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan,” pungkasnya.

(Adih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here