oleh

Santoso Tepis Keras Bantahan Ketua KPU Subang Salah Input Suara Prabowo

SUBANG, (PERAKNEW).- Menyikapi pemberitaan Peraknew, yang terbit tertanggal 24 April 2019, berjudul “Diduga Suara Capres Prabowo Hilang Seratus di Input KPU Subang” dan dibumbui bantahan video yang viral di Medsos soal masalah tersebut, oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang, Suryaman, bahwa itu berita bohong atau Hoax. Faktanya, Satgas Sekber Pemenangan Prabowo-Sandi Kabupaten Subang, Santoso Hamzah Sanusi menepis keras statement Suryaman tersebut.

Melalui pesan WhatsAppnya, Santoso menandaskan, “Terkait statement Ketua KPUD dalam pemberitaan Peraknew, mengatakan video terkait temuan salah input suara Prabowo, yang viral tertanggal 19 April 2019, jam 09:45 WIB tersebut, bohong atau hoax. Namun, saya sabagai pemosting video itu juga di FB, bahwa di TPS 11, Kampung Ciaomas, Desa Karangmukti, Kecamatan Cipeundeuy, memang benar bukti salah input pada Situng yang ada di cerver KPUD Subang. Artinya, menurut hemat kami, KPU harus menyadari dan mengakuinya, gak perlu mencoba bela diri,” tandasnya.

Lanjut Santoso menerangkan, “Sementara kami telah temukan juga di video 20 April jam 3:45 WIB membuktikan sama, salah input juga. Kami bisa memaklumi, human eror atau faktor kelelahan, namun KPU juga harus bisa bijaksana, jangan dikatakan tidak terjadi dan tidak mengakui kesalahannya, mungkin Ketua KPU ini melihat Situng di websitenya pada malam hari, jelas data dikami jam 18:15 Situng itu sudah diganti, suara pak Prabowo yang awalnya 72, sudah kembali jadi 172 sesuai dengan C1 yang kami punya ini. Untuk itu, kami memaklumi petugas KPU, karena manusia tempatnya salah, tetapi tidak serta merta membantah begitu saja atas sebuah kebenaran,” terangnya menegaskan.

Seperti telah diberitakan Peraknew tersebut, bahwa video berdurasi 0,56 detik yang viral di Medsos itu, nampak terdengar suara percakapan seorang laki-laki dan perempuan yang tengah memperlihatkan perbandingan perolehan suara Pilpres di website KPU Subang dengan form C1 di TPS 11 Desa Karangmukti, Kecamatan Cijambe, Kab. Subang.

Pasalnya, jumlah suara Capres-Cawapres nomor urut 02, (Prabowo-Sandi) diduga hilang sebanyak 100 (Seratus) suara di input website KPU Subang.

Jumlah suara di C1 TPS 11 tersebut, untuk paslon Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin memiliki 78 suara, sedangkan paslon Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno memiliki 172. Namun, diiput website KPU Subang nampak tercantum hanya 72 dan berubah jadi dibawah perolehan suara Jokowi, “Wow… Kemana itu seratusnya, ini real guys no tipu-tipu,” kata perempuan yang ada dalam video tersebut.

Video itu sudah beberapa kali dibagikan melalui pesan WhatsApp. Banyak pihak yang mempertanyakan kebenaran informasi itu.

Sementara, Ketua KPU Subang, Suryaman menejelaskan, bahwa informasi tersebut tidak benar. Setelah dicek kembali, ternyata jumlah suara tidak ada yang hilang, “Itu berita bohong, sudah saya cek di ruang Situng, antara yang di BA dan yang di website KPU sama,” kata Suryaman, belum lama ini. (Hendra)

Facebook Comments

Berita Lainnya