Rumjab Bupati-Wabup Badung Diresmikan

oleh
Rumjab Bupati-Wabup Badung Diresmikan

Rumjab Bupati-Wabup Badung Diresmikan

BADUNG-BALI, (PERAK).- Akhirnya Rumah Jabatan (Rumjab) Bupati dan Wakil Bupati Badung yang baru berlokasi di lingkungan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung diresmikan dengan agenda Upacara Adat Bali dan Agama Hindu, seperti melapas, pecaruan dan penguripan, serta sembanghyang bersama sebagai tanda rumah jabatan tersebut, sudah dapat digunakan sesuai peruntukkannya.

Sebelumnya pembangunan Rumjab Bupati dan Wakil Bupati Badung molor dari waktu yang sudah sesuai dengan perjanjiaan kontrak, tapi kini sudah mulai resmi bisa ditinggali. Dengan dimelapasnya Rumjab Bupati Badung ini, maka semua aktifitas yang berkaitan dengan keseharian pejabat Bupati Badung, kecuali masuk kantor dapat dilaksanakan disini mulai dari kegiatan keluarga, menerima tamu serta lain sebagainya.

Dalam acara melapas atau peresmian Rumjab tersebut, selain Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, turut hadir pula ketua dan anggota DPRD Badung, Sekda Badung, Para OPD seluruh Badung, Lurah, Perbekel, Camat, Bendesa adat se Badung dan tokoh masyarakat Badung, Denpasar dan perwakilan masyarakat.

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya dihadapan seluruh undangan yang hadir menyaksikan peresmian Rumjab baru tersebut mengatakan, “Rumjab ini bukan rumah pribadi saya, tapi milik Kabupaten Badung. Jadi siapapun nantinya yang jadi Bupati otomatis menempati Rumjab ini. Selama saya menjadi bupati, rumah ini diharapkan bisa dimafaatkan oleh masyarakat Badung, bahkan dapat juga dimanfaatkan oleh masyarakat Bali. Jadi siapapun yang menjadi Murdaning Jagat Badung (Pemimpin Badung) kedepan sudah memiliki fasilitas rumah jabatan bupati dan wakil bupati yang representatif,” ujarnya.

Lanjut Giri, “Kami persilahkan bagi krama Badung ataupun krama Bali, kalau ada kepentingan untuk menggunakan fasilitas yang ada untuk kepentingan bersama, termasuk untuk kepentingan yang lain. Selama saya menjabat sebagai bupati akan melayani masyarakat yang datang ke Rumjab ini selama 24 jam. Saya tidur pun, jika ada tamu yang datang, saya akan bangun untuk melayani,” ungkapnya.

Giri Prasta menambahkan, sampai tahun ini pembangunan insfrastrutur di Badung mulai dari Badung Selatan sampai dengan Badung Utara sudah lengkap, termasuk pembangunan di bidang IT, “Kita juga harapkan pertengahan tahun ini, dari Badung Utara-Selatan sudah menggunakan Wifi,” pungkasnya.

Disisi lain, Kabag Humas Pemkab Badung, Putu Ngurah Thomas Yuniarta saat ditemui disela-sela acara peresmian Rumjab mengatakan, “Secara adat Bali ketika sudah dipelapas Rumjab sudah langsung bisa ditempati, sementara rumah jabatan yang lama, rencananya akan diperuntukan untuk rumah jabatan Sekretaris Daerah (Sekda),” ungkapnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *