SUBANG, (PERAKNEW).- Upacara kesadaran nasional dan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran yang ke 98 dilaksanakan pukul 07.30 pagi (17/03/2017). Bertindak sebagai petugas upacara dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Subang.

Peserta upacara dihadiri oleh Sekertaris Daerah, Plt. Asda 1, Asda ll dan lll, Kepala OPD, Eselon lll dan lV serta ASN di lingkungan Pemkab. Subang. Pembina upacara dipimpin oleh Plt. Bupati Subang.

Plt. Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, SE selaku pembina upacara menyampaikan  Amanat bahwa hari kesadaran nasional yang selalu kita peringati tanggal 17 disetiap bulannya diharapkan bukan hanya sekedar pelaksanaan upacara biasa. Tetapi, upacara hari kesadaran nasional benar benar dapat membuat kita semakin bersemangat dalam bekerja dan berusaha untuk melaksanakan tugas lebih baik dan lebih serius dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Subang.

Momentum hari ulang tahun Kabupaten Subang juga sudah didepan mata pada tanggal 5 april mendatang genap berusia 69 tahun mengharapkan semua unsur di Kabupaten Subang dapat berperan aktif dalam memeriahkan HUT Subang dan dapat mengikuti dengan baik rangkaian acara yang telah ditetapkan.

Pada kesempatan kali ini dibacakan sambutan dari Mentri Dalam Negeri RI dalam rangka hari ulang tahun pemadam kebakaran ke 98. Bahwa pada tgl 1 maret merupakan hari beraejarah bagi petugas pemadam kebakaran yang dahulu dikenal dengan brandweer dimana sejak tahun 1919 telah memberikan pelayanan pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lain.

Kita mengenang kisah perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam melakukan perlawanan terhadap kobaran api,baik dipemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pabrik/industry, pasar, hutan dan lahan gambut. Petugas pemadam kebakaran merealisasikan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran yang dikenal dengan panca dharma, panca dharma yaitu satu pencegahan dan pengendalian kebakaran,dua pemadaman kebakaran, tiga penyelamatan, empat pemberdayaan masyarakat,lima penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun. Disamping tugas pokok tersebut petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam, tidak mengenal libur, dan siap memadamkan kebakaran dengan motto “pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya.

Peringatan hari ulang tahun pemadam kebakaran mengajak seluruh bangsa indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran mengingat kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan pencaharian, kemunduran ekonomi dan kerusakan lingkungan.

Setelah melaksanakan upacara kesadaran dan HUT Pemadam Kebakaran, Plt. Bupati Subang, Sekda, seluruh Kepala OPD dan para ASN langsung melaksanakan peninjauan langsung ke Pasar Pujasera untuk memantau kebersihan dalam menghadapi peraihan piala Adipura. Kunjungan ke Pasar Pujasera tersebut juga untuk meninjau keadaan lokasi pasar yang sudah direlokasi untuk dipindahkan ke pasar Sukamelang, namun masih banyak para pedagang yang masih tetap buka dan mengenai lokasi yang sudah direlokasi untuk diperhatikan kebersihannya dan tidak semrawut. Red/Hum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here