oleh

Pemerintah Desa Sattoko Kembangkan Bibit Kopi

POLMAN-SULBAR, (PERAKNEW).- Pemerintah Desa Sattoko, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) telah menganggarkan pengadaan bibit kopi Jenis Robusta, melalui program Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021.

Dimana mayoritas penduduknya adalah petani, khususnya dibidang hasil perkebunan budidaya tanaman coklat (kakao) yang selama ini digarap oleh warga Desa Sattoko.

Selain membudidayakan tanaman coklat (kakao) selama ini, namun akhir-akhir ini tanaman tersebut sudah beranjak tua, maka dari itu Pemerintah Desa (Pemdes) Sattoko merancang membudidayakan bibit kopi robusta untuk warganya, “Dengan adanya program pengadaan bibit kopi ini bisa berjalan sesuai harapan masyarakat Desa Sattoko untuk di kembangkan,” ujar Kades Sattoko, Hamsah (1/2/2021).

Jumlah bibit yang telah dibagikan ke masyarakat Desa Sattoko sebanyak 25.000 (bibit), penerima sebanyak 182 (KK) sesuai jumlah penduduk dan 130 (bibit)/ KK telah disalurkan tanpa terkecuali.

Menurut Kades Sattoko, bibit kopi yang dikembangkan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya dan jika proses sudah menghasilkan, ia mengupayakan untuk membeli mesin pengola kopi, “Targat kami itu 8 bulan – 1 tahun sudah mulai berbunga, kalau memang ini bisa menghasilkan, mudah-mudahan bisa kita upayakan untuk membeli mesin pengelola kopi nantinya,” ungkapnya. (Subri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya