Pameran Pendidikan dan Kebudayaan Dalam Rangka Hardiknas

SUBANG, (PERAKNEW).- Bertempat di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang, digelar Pameran Pendidikan dan Kebudayaan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan mulai tanggal 22, 23, 24 Mei 2017, Selasa (23/05/17).

 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekda Subang Drs. H. Abdurakhman, M.Si dan dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Ketua MUI Subang, Kapolres Subang, Dandim 0605, Dansubdenpom dan camat se-Kabupaten Subang.

 

Laporan panitia kegiatan Pameran Pendidikan dan Kebudayaan Gebyar Hari Pendidikan Nasional memaparkan bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan tema kegiatan yang bertujuan agar dapat menanamkan kecintaan terhadap kegiatan membaca, hasil yang diharapkan bahwa membangun generasi yang pintar dan berbudaya santun.

 

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2017 tingkat Kabupaten Subang ini, Disdikbud Kabupaten Subang mengadakan berbagai kegiatan seperti pameran pendidikan dan kebudayaan, gerak jalan santai, pameran lukisan, pagelaran seni dan deklarasi sikap budaya pendidikan.

 

Acara di awali dengan Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Subang Drs. H. Suwarna M, M.Pd., yang menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan sebagai salah satu wujud kerja dari UPTD dalam pencapaian kurun waktu tertentu. Hal tersebut dapat dilihat secara visulisasi yang dilakukan dalam dan di luar kelas. Tema kegiatan tersebut yaitu “Gemar Membaca Menjadi Pintar Budaya Santun Menjadi Tertib.”

 

Suwarna menambahkan, dia dan jajarannya dalam renstra mempunyai harapan yang besar bahwa wajib belajar dapat tercapai. Tetapi dalam pencapaian tersebut ada kendala yaitu keberadaan guru yang kurang merata, banyaknya guru yang habis masa jabatanya di wilayah tertentu dan kurang minat guru ditempatkan di salah satu tempat.

 

Untuk tetap tercapainya wajib belajar dalam pendidikan di Kabupaten Subang, sambung Suwarna, harus ada kebijakan yang mendorong kegiatan pendidikan untuk pencapaian wajib belajar bisa terwujud.

 

Selain itu Suwarna menekankan tentang sikap dan perilaku siswa harus ada pengawasan dan pengarahan dari orang tua dan dari pengajar guna menanamkan nilai moral yang baik salah satunya dengan menerapkan wajib belajar malam, budaya santun, budaya  vandalisme, budaya deklarasi tidak melakukan tawuran dan budaya gemar membaca.

 

Sambutan Sekertaris Daerah Subang atas Nama Pemerintah Subang sangat mengapresiasi atas kegiatan pameran yamg dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang yang merupakan kegiatan bermanfaat sebagai edukasi, memiliki strategi baik dalam menciptakan perbaikan kualitas pendidikan dengan budaya pendidikan yang baik. Dengan mengenalkan budaya pada siswa dan di insan pendidikan harapan besar kegiatan ini bisa dilanjut di tahun depan yang bisa dilaksanakan di setiap UPTD pendidikan.

 

Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan penandatanganan deklarasi sikap budaya pendidikan yang siap mendukung dan siap melaksanakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, diantaranya program wajib belajar malam, program budaya santun, program hindari budaya corat-coret, program hindari budaya tawuran dan program budaya gemar membaca. Surya/Hms

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here