oleh

MUSRENBANGDes, Desa Cikadu dan Cileuleus Tetapkan Tetapkan RKPDes

TASIKMALAYA,( PERAKNEW).- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes) tahun 2018 untuk penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2019, merupakan bagian penting dalam proses perencanaan pembangunan dengan berpedoman kepada Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Setelah dilaksanakannya peresmian dan lantikan anggota BPD se-wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at 25 Januari 2019 sore, sebayak 13 desa di wilayah Kecamatan Cisayong mulai melaksanakan MUSRENBANGDes secara bertahap dengan jadwal yang telah di tentukan yaitu, Sabtu 26 Januari 2019; Desa Sukajadi, Sukamukti dan Jatihurip. Senin tanggal 28; Desa Santanamekar, Cikadu dan Sukasukur. Selasa tanggal 29: Desa Cileuleus, Mekarwangi dan Nusawangi. Rabu tanggal 30: Desa Purwasari dan Cisayong. Jum’at 01 Febuari: Desa Sukasetia.

Kepala Desa Cikadu Dendi Herdiawan dalam acara MUSRENBANGDesa Senin (28/01/2019) siang, menyampaikan laporan pembangunan tahun 2018 dan rencan perencanaan pembangunan tahun 2019.

“Dekumen pelaksanaan pembangunan tahun 2018 yang telah selesai di laksanakan yaitu, Perbaikan saluran irigasi Kp. Cibogor, TPT saluran irigasi desel Kp. Panyakalan, Pelebaran jembatan Kp. Panyakalan, Perbaikan saluran air Aki Maja, Perbaikan jalan gang Kp. Ciloa, Perbaikan jalan gan Kp Ciloa RT 04, Pemangunan jalan gang arah kandang kerbau, Pemeliharaan jalan gang Kp. Cikadu. ujarnya.

Itu adalah terang Dendi, informasi atau pelaporan di sampaikan baik sebelum di laksanakan pembangunannya dari mulai nol persen mau pun sesudah di laksanakan pembangunanya 100 persen. Sesuai dengan rencana pembangunan sudah selesai di laksanakan, semoga masyarakat bisa menerima pekerjaan pembangunan yang telah di laksanakan. harapnya.

Dendi menambahkan, penetapan pembangunan tahun 2019 yang mau di laksanakan pembangunannya yaitu, Saluran Kp. Raksajaya, TPT saluran irigasi Kp. Cibogor, Perbaikan jalan Kp Ciloa, Lanjutan pembangunan jalan Kp. Ciloa – Kp. Pasirjaya, Saluran air kebon dukuh Kp. Ciloa, Saluran air kebon dukuh Kp. Ciloa, Perbaikan jalan Kp. Cikadu, Pernaikan TPT saluran air Cimuncang dan Mobil ambulace Desa Cikadu.

“Pengajuan mobil ambulance se-Kabupaten Tasikmalaya Alhamdulillah hanya ada 2 Desa yaitu, Desa Cikadu dan Desa Sukajadi Kecamatan Cisayong. Mobil ambulan tersebut untuk pelayanan masyarakat dan padasaat ini, mobil desa saja melayani masyarakat selama 24 jam tanpa ada unsur pungutan biaya. ungkapnya.

Menginformasikan kepada masyarakat lanjut Dendi, pada hari Jum’at beberapa hari lalu, anggota BPD Desa Cikadu sebayak 7 orang, baru saja di lantik. Mengucapkan terimakasih kepada BPD yang telah habis masa jabatanya, terimakasih atas dukunganya, terimakasih atas bantuanya sehingga Desa Cikadu bisa berdiri seperti begini semoga kedepanya lebih maju lagi.

“Kepada BPD yang telah purna bhakti mohon maaf apabila ada pelayanan khususnya dari Pemerintah Desa Cikadu, apabila ada kata-kata yang tidak berkenan dan kepada BPD yang baru tolong bantu kami, karena kami masih bayak ke kurangan dan kelemahan, saya ucapkan selamet berjuang selamet menjalankan tugas. tandasnya.

Sekretaris Kecamatan Cisayong Dedi Herniawan SE, mengucapkan selamat kepada anggota BPD yang baru saja beberapa hari Jum’at di resmikan oleh Bupati. Mudah-mudahan bisa melaksanakan tugasnya, sesuai tugas dan fungsi yang telah di tetapkan juga sesuai arahan-arahan dari Bupati.

“Buat BPD lama (Purna bakti), mengucapkan terimakasih atas pengabdianya dan semoga selama pengabdianya menjadi amal baik buat bekal di akhirat nanti. ungkapnya.

Dedi menambahkan, bahwa kegiatan MUSRENBANG bukan lah hal yang baru di setiap tahunnya dan nanti akan di tetapkan RKPDes untuk rencana pembangunan tahun 2019 dan memusyawarahkan rencana program tahun 2020.

“Berkaitan dengan pembangunan yang telah di laksanakan di tahun 2018, kami atas nama pemerintah menghimbau dan mengajak kepada semua masyarakat, manfaatkan seluruh program pembangunan yang sudah di laksanakan juga titip jaga, rawat jagan sampai ingin di bangun saja setelah di bangun di biarkan. imbuhnya.

lanjut Dedi, dalam mengalokasikan pembangunan Pemerintah desa tidak bisa semaunya sendiri tentu itu harus di pertanggung jawabkan, ketika pembangunannya benar sesuai dengan RAB, SPJ nya juga harus di pertanggung jawabkan. Pembangunan benar tapi SPJ nya salah itu tetap melanggar aturan sehingga masyarakat tidak harus ragu padasaat desa melakukan pembangunan atau roda pemerintahan karena desa di pantau oleh semua pihak.

“Ketika ada masyarakat yang kurang paham atau ada yang patut di pertanyakan silahkan tanyakan dengan alurnya secara bertahap, silahkan tanyakan kepada BPD jangan sampai ketika masyarakat tidak mengerti atau mencurigai langsung di ekspos itu hal yang tidak di harapkan. tandasnya.

Sementara Kasi PMD Kecamatan Cisayong Dra. Yeti Sri Haryati menyampaikan, bahwa Pemerintah Desa Cikadu mendapat anggaran Dana Desa bersumber dari APBN sebesar Rp. 800 Juta sekian yang peruntukannya tetap untuk 2 bidang yang harus di laksanakan yaitu, bidang pembangunan dan pemberdayaan, jangan di alokasikan ke bidang pembangunan saja karena akan sekaligus habis, untuk pemberdayaan harus di besarkan.

“BUMDes di dorong untuk pengembangan usaha, suatu saat Pemerintah sudah tidak memberikan anggaran, desa sudah mempunyai modal APBDes dari BUMDes “Perkuat Modal untuk BUMDes” hanya tidak boleh dialokasikan ke simpan pinjam karena di Kecamatan Cisayong ada UPK! terangnya.

lanjut Yeti, bantuan Provinsi di tahun 2019 sebesar Rp. 127.8.2800.000;’ untuk pembangunan fisiknya ada, penyenggaraan pemerintahan ada dan tambahan untuk Sapta Warga, para ketua RW akan diberi inventaris HP untuk komunkiasi dengan Pemdes dan 1 untuk Pemerintah Desanya.

“Anggaran dari ADD Kabupaten itu sudah jelas untuk gaji kepala desa dan perangkat desa, ada satu lagi anggaran bantuan keuangan dari Kabupaten Tasikmalaya sebesar Rp. 150 Jt namun belum bisa dipakai kedalam anggaran murni pada bulan Juli jadi di masukanya dalam anggaran perubahan dibulan September. pungkasnya.

Ketua BPD Desa Cikadu Jusup tetapkan rencana pembangunan tahun anggaran 2019.

MUSRENBANGDes Desa Cileuleus.

Ketua BPD Desa Cileuleus Muhammad Sihabudin Asmi Zami S.Pd.I, M.Pd di damping oleh Kepala Desa Cileuleus Anang Hardi tetapkan hasil MUSRENBANGDes rencana pembangunan tahun anggaran 2019, Selasa (29/01/2019) siang, di Gor Desa Cileuleus.

“Bantuan APBN Desa Cileuleus tahun 2019 sebesar Rp. 1.195.920.00;’ yaitu, Rabat dan TPT Kedusunan Langensari, Pemberdayaan Kampung KB Kp. Sukamulya, PMT Pos yandu, Insentif PPKBD, Insentif Sub PPKBD, Bank sampah, Rabat dan TPT Gang Makam Kedusunan Sukamulya, Hotmix manual dan TPT Kedusunan Sirnarasa, Hotmix manual Gang Kedusunan Sindang Tanjung, Pipanisasi selokan tengah Kp. Sukamulya, Rabat dan TPT Gang Kp Cibuyut, Rabat Selokan Gang Pesantren, Rabat dan TPT jalan Pasiringkik, TPT Jalan Kedusunan Langensari, Boronjong PAUD Hidayatul Huda, Rabat dan TPT Gang Kp. Sindangtanjung RT 20, TPT Jalan Kp. Sindang Tanjung RT 16, Rabat dan TPT Jalan Kp. Cipeuteuy, Sarana Air Bersih/Sanitasi Lingkungan Dusun Sindangtanjung, Honor Tenaga Pengajar Taman Keagamaan (Pemdes), Honor Tenaga Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Pemdes) dan Pelatihan Kader Pos yandu.

Dalam acara MUSRENBANGDes tersebut di hadiri oleh Sekmat Dedi Herniawan SE, Kasi PMD Kecamatan Cisayong Dra. Yeti Sri Haryati, Babinsa, Babin Khatibmas, Kepala desa, BKAD, Pendamping desa, UPK DAPM, RT, RW, Kader Pos yandu, PKK, dan tokoh masyarakat. (Fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya