oleh

Masyarakat Desa Sukra Gelar Tradisi Ngunjung Buyut Keto & Nyi Surabraja

INDRAMAYU-JABAR, (PERAKNEW).-
Warga Desa Sukra, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar Tradisi Ngunjung Buyut Keto dan Nyi Surabraja dengan membawa Nasi Tumpeng, pada Hari Rabu (25/11/2020).

Ngunjung Buyut Keto & Nyi Surabraja beralamat di Dusun Kedongdong, Desa Sukra merupakan tradisi rutin tahunan yang dilakukan Masyarakat Desa Sukra setiap akan mulai masa bercocok tanam (Tandur). Selain itu, kegiatan tersebut, merupakan bentuk syukuran kepada Allah SWT.

Kegiatan itu, diisi dengan do’a bersama dan Pentas Kesenian Wayang Kulit Karya Utama Dalang Anom Karsono, setelah acara selesai, panitia pun mengambil sebagian Nasi Tumpeng yang dibawa masyarakat.

Menurut Kepala Desa Sukra, Damhuri dalam sambutanya, “Acara adat ini dalam rangka syukuran maring Gusti Allah, moga-moga acara adat ini terus berlanjut dan terus kita dukung, karena ini merupakan suatu acara adat yang dari dulu sampai sekarang kita laksanakan. Semoga dalam acara ngunjung ini, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kesehatan kepada masyarakat Sukra khususnya, dibaguskan pertaniannya dan alhamdulilah wilayah kita panen terus dan Alhamdulilah sekarang akan mulai tandur, airnya cukup Alhamdulilah,” tuturnya.

Upacara Ngunjung merupakan upacara yang biasa dilaksanakan oleh masyarakat di wilayah Cirebon, Indramayu dan sekitarnya. Ngunjung/ Munjung sendiri berasal dari kata kunjung dengan maksud mengunjungi makam leluhur sebagai salah satu wujud syukur masyarakat serta untuk berdoa.

Upacara Ngunjung sendiri biasanya dilaksanakan pada lokasi-lokasi atau makam leluhur serta tokoh keagamaan yang dianggap keramat dengan maksud untuk memohon keselamatan senantiasa mengingatkan pesan-pesan leluhur untuk melestarikan tradisi budayanya.

Pada Upacara Ngunjung ini biasanya selain berdoa juga ditampilkan beberapa kesenian khas daerah, seperti Wayang Cepak dan tari-tarian.

Biasanya kegiatan tersebut, dilakukan pada waktu akan bercocok tanam (tandur) Musim Rendeng/Hujan. (Hendra G)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya