oleh

Akibat Hujan Deras Disertai Angin dan Petir, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Bangunan

SUBANG, (PERAKNEW).- Hujan deras disertai angin kencang dan petir mengguyur wilayah Subang, pada Hari Rabu (25/11/2020) sekitar pukul 16.00 WIB, menyebabkan sejumlah pohon tumbang di sekitar Kelurahan Dangdeur.

Dalam sekejap, banyak pohon-pohon yang tumbang dan diantaranya menimpa 1 warung seberang SMAN 2 Subang dan 1 rumah makan (RM) Iteung depan SMKN 2 Subang dan beberapa tempat di Kelurahan Dangdeur.

RM Iteung milik warga mengalami kerusakan akibat tertimpa batang pohon yang disebabkan sambaran petir, “Saya baru juga pulang kerja, pas lihat Rumah Makan udah ketimpa pohon tumbang, kayanya kena petir, soalnya batang pohon yang patah itu ada bekas terbakar,” jelas Lingga anak pemilik RM. Iteung kepada Perak.

Pohon di depan SMAN 2 Subang pun tidak luput dari terjangan angin kencang, akibatnya tumbang menghantam sebagian area parkir motor siswa hingga roboh, tidak berselang lama, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Subang segera mengevakuasi tumbangnya pohon tersebut, “Saya lihat tadi di depan SMAN 2 Subang pohonnya tumbang dan lagi dievakuasi oleh BPBD, terus saya minta tolong juga untuk bantu beresin di rumah makan orang tua saya,” sambungnya.

Angin kencang juga sebabkan pohon di dekat lapangan belakang SMAN 2 Subang tumbang dan menyebabkan tembok pembatas dengan SMKN 2 Subang roboh dan dahan pohon menutup akses jalan kendaraan.

Tidak hanya itu, tiang bendera di lapangan upacara SMKN 2 Subang terkena sambaran petir yang sebabkan tiang patah.

Menurut keterangan Waluyo, Guru Bahasa Jepang di SMKN 2 Subang, hal serupa juga tejadi di wilayah Cikadu, Kelurahan Dangdeur, Kec. Subang, yang sebabkan saung di Rumah Makan Saung Ambu ambruk, “Tadi saya lewat saung Ambu,  dua saung tempat makannya ambruk dan sepanjang jalan banyak pohon tumbang,” tuturnya.

Dari kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa, namun harus selalu diwaspadai dengan cara memperhatikan pohon-pohon yang potensial tumbang untuk segera dilakukan pemotongan atau penembangan bisa juga hubungi pihak terkait.

Perhatikan Langkah-langkah keselamatan ketika terjadi hujan deras dan petir, serta angin kencang seperti tidak berteduh dibawah pohon, segera berlindung di dalam ruangan, matikan barang-barang elektronik, jauhi Gedung-gedung tinggi, gunakan alas kaki, tidak menggunakan aksesoris logam, juga tidak bergerombol. (Duryani)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya