oleh

Mahasiswa UPI Tetap Laksanakan KKN di Tengah Pandemi Covid-19

KALIJATI-SUBANG, (PERAKNEW).- Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) setiap tahunnya. Namun, ada yang berbeda dari pelaksanaan KKN UPI pada tahun ini. Jika pada tahun sebelumnya mahasiswa terjun langsung ke masyarakat, kali ini kegiatan KKN dilakukan secara daring di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

Selainitu, tahun ini KKN UPI berfokus pada Pencegahan dan Penanggulangan Dampak (PPD) Covid-19.

KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak (PPD) Covid-19 2020 dilaksanakan pada tanggal 17 November – 17 Desember 2020 dan diikuti oleh 3.347 (Tiga ribu tiga ratus empat puluh tujuh) mahasiswa.

Kegiatan KKN ini dilakukan di tengah kasus virus corona yang semakin meningkat setiap harinya.

Dalam KKN PPD Covid-19 ini, UPI memberikan beberapa program, yaitu Program Edukasi Penanggulangan Covid-19 di Bidang Pendidikan (Program Wajib), Program Edukasi Pencegahan Covid-19 dan Program Edukasi Penanggulagan Dampak Covid-19 di Bidang Ekonomi (Program Pilihan).

Setiap program memiliki sasaran dan kegiatannya masing-masing.

Mahasiswa KKN UPI Purwakarta, Gita Yulia Dewi melaksanakan Program KKN di Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang atas bimbingan Jojor Renta Maranatha M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan bekerja sama dengan Kepala Sekolah dan guru SDN Karyamukti, Ketua RT/RW Bendungan.

Dalam melaksanaan program edukasi penanggulangan Covid-19 di bidang pendidikan, Gita bekerja sama dengan Kepala Sekolah dan guru SDN Karyamukti untuk membantu guru dalam proses pembelajaran, seperti memberikan materi pembelajaran, membuat media pembelajaran dan juga konsultasi pada orang tua siswa apa yang menjadi kendala saat dilakukan pembelajaran daring.

Selain itu, melakukan edukasi mengenai mencegahan Covid-19 melalui media video yang dibagikan secara online melalui grup WhatsApp atau Youtube.

Ia juga bekerja sama dengan RT/RW dalam melaksanaan program edukasi pencegahan Covid-19 dan program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi.

Salah satu programnya, yaitu membuat poster edukasi pencegahan Covid-19 yang dibagikan melalui media sosial berupa Instagram dan WhatsApp dengan sasaran masyarakat kampung Bendungan Rt.18.

Meskipun dilaksanakan secara online di tengah pandemi Covid-19, KKN UPI ini diharapkan mampu mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan Covid-19 dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya