oleh

Ma’ruf Amin Tinjau dan Realisasikan Bantuan Korban Banjir Subang

SUBANG, (PERAKNEW).- Bupati Subang, H Ruhimat bersama dengan Wakil Gubernur, Uu Ruzhanul Ulum mendampingi Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin yang melakukan tinjauan sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana banjir wilayah Subang dan Karawang di Pamanukan, Sabtu (13/02/2021) sekitar Pukul 10.00 WIB.

Adapun bantuan Wapres terdiri dari Masker 300.000 pcs, rapid test antigen 10.000 pcs, 5000 sarung dan1000 matras serta bantuan logistik pangan 1500 paket sembako presiden RI dan peralatan kebersihan untuk para korban bencana banjir. Seluruh bantuan tersebut diterima secara simbolis oleh Kang Jimat (Bupati Subang).

Dalam sambutannya, Wapres RI mengatakan, bahwa semua pihak harus berkolaborasi untuk menangani bencana dan mengajak semua pihak turun tangan menolong warga terdampak bencana. Menurut Wapres RI, kolaborasi semua pihak dapat mengakselerasi rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana, “Saya lihat di lokasi pasca banjir Subang dan Karawang, kerja sama Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah sudah ada melibatkan masyarakat dan relawan seperti dalam pendirian posko gawat darurat, distribusi bantuan dan yang lainnya,” ujar wapres.

Dalam kesempatan yang sama, Kang Uu (Wagub Jabar) mengatakan, bahwa Jawa Barat merupakan daerah rawan bencana, dimana setiap tahun potensi bencana alam pasti akan selalu terjadi, untuk itu pemerintah provinsi Jabar selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk melakukan penanganan terbaik salah satunya dengan pemerintah Kabupaten/Kota, “Dengan sigap Gubernur Jabar memberikan instruksi dan tindakan yang diperlukan dalam setiap penanganan bencana” ujar wagub.

Sementara itu, Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, bahwa banjir di Kawasan Subang Utara ini, kerap terjadi sejak tahun 2015 dan terus terulang setiap tahun hingga menyebabkan kerugian yang cukup besar.

Kang Jimat berharap, bahwa permasalahan banjir dikawasan Subang Utara ini agar dapat menjadi perhatian pemerintah pusat, karena dikhawatirkan bisa mengancam keberadaan Pelabuhan Patimban sebagai proyek strategis nasional, “Sebagai penanganan rekonstruksi pasca bencana, pemerintah daerah juga telah merumuskan rencana jangka pendek dan jangka panjang yang harus dilakukan untuk mencegah banjir tahunan,” ujar kang Jimat.

Seusai meninjau dan memberikan bantuan di Pamanukan Wapres RI langsung bertolak ke Karawang untuk kunjungan selanjutnya. Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda Jawa Barat dan jajaran Forkopimda Subang. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya