oleh

Lagi, H Sutrisno Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani di Subang

PERAKNEW.com – Lagi, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Dr. H Sutrisno, S.E.,M.Si., mengadakan Bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Wilayah Koordinasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian.

Bimtek kali ini digelar di Gedung Serba Guna Rest Area Rumah Makan Nikmat, Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, pada Hari Senin 29 Mei 2023.

Seperti dipaparkan H Sutrisno, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat IX yang meliputi Subang Majalengka Sumedang (SMS) ini, saat diwawancarai Perak, bahwa Bimtek petani tersebut diadakan sebagai edukasi bimbingan teknis kepada para petani dengan materi gerakan-gerakan teknik pemupukan tanah, karena selama ini tidak kenal pemupukan dengan pola pengolahan lahan.

Ia menyebutkan, “Lahan pertanian kita ini semakin jenuh, semakin asam, sehingga dampak dari itu semua terjadi penurunan tingkat produksinya,” ungkap H Sutrisno usai menggelar Bimtek tersebut.

Lagi, H Sutrisno Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani di Subang1

Selanjutnya, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Jawa Barat, H Otong Wiranta yang turut hadir dalam Bimtek itu kepada Perak menyatakan, “Apa yang dikatakan pak Haji Sutrisno ini betul, bahwa para petani harus sadar dalam kondisi lahannya, sehingga nanti kedepan bagaimana pemupukan itu disesuaikan dengan kondisi tanah dan keinginan tanam itu sendiri,” tuturnya.

Baca Juga : H Sutrisno Gelar Bintek Pupuk Organik di Pamanukan

Sementara itu, tentunya tak pernah ketinggalan yakni Anggota DPRD Kabupaten Subang Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil IV yang meliputi Kecamatan Ciasem, Patokbeusi dan Blanakan, H Adik LF Solihin selalu setia mendampingi H Sutrisno dalam setiap mengadakan kegiatan di Dapilnya itu ketika diwawancarai Perak menerangkan, “Secara teknis tadi sudah disampaikan oleh bapak Haji Sutrisno dan bapak Haji Otong, nanti ada pemaparan lebih lanjutnya,” ujarnya.

H Adik menambahkan, “Perlu ditegaskan, bahwa kami, pak Haji Sutrisno dan saya khususnya dari Fraksi PDI Perjuangan begitu intens perhatian terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat, sehingga kita punya kewajiban untuk mengedukasi agar meningkatkan pemahaman petani,” terangnya.

Menanggapi kegiatan Bimtek ini, Drs. Sri Ratna Saridewi pada Kementrian Pertanian mengatakan, bahwa kegiatan yang diadakan H Sutrisno itu bagus, karena selalu bersinergi dengan Pemerintahan terkait, “Ya kegiatan ini cukup bagus, kerja sama antara pemerintah terutama dari bidang Badan SDM, Kementerian Pertanian dari Kabupaten Subang, sehingga program-program yang ada di kementerian itu bisa untuk di sosialisasikan kepada masyarakat,” ujar Sri saat diwawancarai Perak usai mengikuti kegiatan Bimtek tersebut.

Bimtek ini selain dihadiri oleh puluhan petani di Dapil IV wilayah Pantura Subang itu, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang yang diwakili bawahannya, yakni H Anwar.

Seperti diberitakan Perak sebelumnya, selain di Kecamatan Ciasem itu, H Sutrisno juga sempat menggelar kegiatan serupa di beberapa wilayah lainnya di Kabupaten Subang, salah satu diantaranya di Kecamatan Pamanukan pada Hari Kamis, 13 April 2023 lalu, dengan Materi Bimtek Pengurangan Pupuk Anorganik Tingkatkan Produksi Padi, bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Republik Indonesia

Baca Juga : Hadiri Halalbihalal IPAGAR, Kang Akur Apresiasi Kiprahnya Untuk Subang

Bertepatan pada Bulan Suci Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, sehingga berbarengan dengan kegiatan itupun H Sutrisno membagikan goodie bag atau yang artinya tas selamat tinggal berisi sembako dan kain sarung kepada seluruh peserta Bimtek yang hadir. (Hendra/Galang)

Berita Lainnya