oleh

Kades Samarang Serahkan Penuh Pekerjaan Dana Desa kepada TPKD

PERAKNEW.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Samarang, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut telah merealisasikan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023 untuk pekerjaan jalan Hotmix Samarang Bobok RW 01 dan RW 02 dengan Volume 573 X 3 Meter dengan nilai sebesar Rp328.050.000,- plus PPN & PPH dan Jalan Kaum Samarang RT 01/RW 07 volume 263 X 4 Meter dengan nilai sebesar Rp196.230.000,- dikerjakan melalui Tim Pengelolaan Uang Desa (TPKD).

Seperti disampaikan Kepala Desa Samarang, Drs. Tomi Romli di ruang kerjanya, pada Rabu (31/5/2023) sekira pukul 11:45 WIB, “Dalam realisasi DD ini saya sebagai penanggungjawab anggaran, untuk pengelolaannya ada TPKD, jadi untuk pengerjaannya saya serahkan semuanya kepada TPKD, biarkan mereka bekerja sesuai Tupoksinya, saya tidak mau dikatakan sebagai pimpinan yang arogansi, apalagi mengintervensi kepada perangkat,” tuturnya.

Kades Semarang Serahkan Penuh Pekerjaan Dana Desa kepada TPKD2

Lanjut Tomi, “Untuk pengawasan dan monitoring serta Evaluasi hasil dari pembangunan yang telah diterapkan itu ada BPD, ada rekan-rekan dari Organisasi masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, ada pula rekan media sebagai Sosial Kontrol, bahkan ada Tim Monev baik dari tingkat kecamatan, tingkat dinas dan inspektorat juga BPK, jadi jika saya sebagai Kepala Desa bekerja keluar dari Rel/koridor yang telah ditetapkan secara aturan, maka konsekuensinya akan berurusan dengan Hukum,” ungkapnya.

Baca Juga : Soal Kekeringan Sawah, Kades Jati Respon Cepat Keluhan Petani

Jika anggaran sudah diterapkan sesuai Juklak Juknisnya bahkan sudah selesai dilakukan Monitoring dan evaluasi oleh beberapa dinas terkait, hingga Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) secara administrasi sudah selesai ditandatangani baik oleh Kepala Desa maupun BPD dan diterima oleh dinas terkait, kemudian terjadi kerusakan akibat faktor alam, Tomi menjelaskan, “Ini tidak bisa dikategorikan sebagai kelalaian Kepala Desa, apalagi disebutkan sebagai hasil pekerjaan yang tidak sesuai SPK, hal tersebut murni merupakan faktor alam,” pungkasnya. (Herna Susilawati)

Berita Lainnya