Plt Wali Kota Cimahi Kukuhkan FKS

oleh

CIMAHI, (PERAKNEW).- Pelaksana tugas Wali Kota Cimahi Sudiarto kembali menyebutkan komitmennya untuk terus dapat meningkatkan pembangunan di segala bidang termasuk bidang kesehatan.

Hal itu dikatakan Sudiarto usai melantik pengurus Forum Kota Sehat Kota Cimahi di Gedung Aula A, Komp. Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjajkusumah, belum lama ini.

Dia berharap secara bersama-sama antara pemerintah, swasta dan masyarakat integratif dan sinergis.
“Salah satu langkah nyata adalah terbentuknya tim pembina kota sehat dan forum kota sehat di Kota Cimahi sejak Tahun 2005 hingga saat ini,” ujarnya.

Dimana, kata dia, terdapat berbagai kegiatan penyelenggaraan kota sehat yang merupakan bentuk pembangunan kota secara berkelanjutan yang lebih menekankan pada dampak dari pembangunan yang tidak menimbulkan/mengakibatkan degradasi lingkungan fisik dan tidak membahayakan dari sisi kesehatan.

“Konsep tersebut merupakan bagian yang terintegrasi dalam rencana pembangunan yang berkelanjutan, dengan memerhatikan faktor fisik, ekonomi, sosial dan budaya setempat,” jelasnya.

Sudiarto melanjutkan, kota sehat merupakan suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Tatanan kota sehat yang telah dilaksanakan di Kota Cimahi meliputi kawasan permukiman sarana dan prasarana sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kehidupan sosial yang sehat, tatanan tertib lalu lintas, dan kawasan industri dan perkantoran sehat.

Dari enam tatanan kota sehat tersebut lima di antaranya telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat dengan diberikannya penghargaan swasti saba wistara pada Tahun 2013.

“Meskipun sudah mendapat pengakuan dan penghargaan tetapi dalam perjalanannya kita harus selalu meningkatkan kreatifitas dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam peningkatan kota sehat. Baik kualitas maupun kuantitas dalam penerapan setiap tatanan sesuai dengan kondisi Kota Cimahi, sebagai kota sehat yang berkembang,” tuturnya.

Kota Cimahi pun menambahkan satu tatanan yaitu kawasan industri dan perkantoran sehat. dengan bertambahnya tatanan tersebut diharapkan Cimahi benar-benar mampu mewujudkan kota yang sehat, nyaman dan aman untuk dihuni oleh masyarakatnya secara utuh dan menyeluruh.

“Kota Cimahi telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain dengan keberadaan rusunawa dan rusunami untuk mengatasi kepadatan penduduk serta pembuatan septic tank komunal dan biofilter dalam penyediaan jamban sehat. segala upaya tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya peran serta masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang sehat,” tutup Sudiarto. Harold

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *