Inspeksi Jelang Idulfitri, Tokma dan Yogya Dipagaden Subang Jual Makanan Kadaluarsa

oleh
Tokma Pagaden Inspeksi Jelang Idulfitri Tokma Dan Jogya Di Pagaden Subang Jual Makanan Kadaluarsa

Tokma Pagaden Inspeksi Jelang Idulfitri Tokma Dan Jogya Di Pagaden Subang Jual Makanan Kadaluarsa

PAGADEN-SUBANG, (PERAKNEW).- Sejumlah makanan kadaluarsa dan makanan talayak komsumsi ditemukan di Pasar Modern Tokma dan Jogya dalam inspeksi mendadak (Sidak) Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Subang. Diantaranya di swalayan Pagaden dengan temuan sosis lauk bermerk yang dan roti bermerk masing-masing kadaluarsa per tangal 7 Juli 2017 dan bumbu siap pakai dengan masa kadaluarsa 2 Mei 2017.

 

Menurut Kepala Bidang Perdagangan, Nurudin kegiatan Sidak ini untuk mengantisipasi lonjakan harga dan mengawasi peredaran paket parsel, makanan, minuman berpengawet dan pewarna atau menggunakan zat berbahaya serta mengawasi masa kadaluarsanya.

 

Kemudian di pasar modern Pamanukan ditemukan sari kelapa dalam kemasan bermerk yang sudah kadaluarsa 19 Mei 2017 dan makanan yang sudah berjamur atau tidak layak konsumsi.

 

Makanan yang menjadi bahan temuan dibuat Berita Acara (BA) pengambilan sample makanan selanjutnya sample makanan dibawa ke Kantor DKUPP Kab Subang untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

 

Sedangkan pemantauan harga di Pasar Tradisional Sukamelamg Subang yang memantau harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) sampai dengan hari ke-10 Ramadhan 1438 H masih stabil. “Belum ada kenaikan harga yang signifikan,” ujarnya, Senin (5/6).

 

Dari hasil pengecekan harga di lapangan diantaranya harga daging sapi segar 120 ribu rupiah per kilogram, daging ayam 32 ribu rupiah per kilogram. Diperkirakan akan ada fluktuasi harga kebutuhan pokok masyarakat akan terjadi menjelang mendekati Hari Raya Lebaran tahun 2017.

 

“Alhamdulillah selama ini tidak ditemukan pelanggaran atau temuan lain dalam giat sidak hari ini,” tambahnya.

 

Adapun  titik sasaran kegiatan Sidak Ketahanan Pangan tersebut adalah ada 4 lokasi yaitu Pasar Batu Subang, Pasar Rakyat Sukamelang Subang, Tokma Pagaden dan Jogja Pamanukan.

 

Kegiatan Sidak ini didampingi Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ipda Andi Kurniadi, Kanit II Ekonomi Sat Intelkan, Aiptu Andi Jaya Sasmita, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan Kab Subang dan Sat Pol PP Kab Subang dengan jumlah sekitar 20 orang. Septian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *