FMP Desak Bupati dan DPRD Subang Realisasikan CSR untuk Beli RSP

oleh -38 views

SUBANG-BANDUNG, (PERAKNEW).- Forum Masyarakat Peduli mendesak Bupati Subang bersama- sama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Subang untuk dapat memiliki rumah yang difungsikan sebagai Rumah Singgah pasien (RSP) di dekat Rumah Sakit Umum Provinsi Hasan Sadikin Bandung atau dengan kata lain tidak lagi mengontrak.

Pasalnya Subang dinilai sanggup untuk merealisasikannya dengan tidak menggunakan APBD atau Non APBD, yakni dengan mengoptimalkan realisasi CSR (Corporate Sosial Responbility) dari perusahaan- perusahaan yang berdomisili di wilayah kabupaten Subang.

Demikian diungkapkan Asep Sumarna Toha atau yang akrab disapa Abah Betmen selaku Ketua Umum Forum Masyarakat kepada Perak disela- sela kegiatan rutinnya berkunjung ke Rumah Singgah Pasien di Bandung, beberapa waktu lalu.

Menurut Abah Betmen, RSP merupakan fasilitas yang berhubungan langsung dengan rakyat dan dirasakan manfaatnya secara langsung pula oleh rakyat, terutama rakyat miskin jadi sangat layak dana CSR ini direalisasikan untuk hal ini, sesuai dengan sasaran utama dari CSR itu sendiri.

Dipaparkan Abah Betmen, sederhanya, CSR adalah sebuah konsep dan tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sebagai rasa tanggung jawabnya terhadap sosial dan lingkungan sekitar dimana perusahaan tersebut berdiri. Seperti dengan melaksanakan suatu kegiatan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau penduduk sekitar, menjaga lingkungan sekitar, memberikan beasiswa pendidikan kepada masyarakat yang kurang mampu, membangun fasilitas umum, dan memberikan bantuan berupa dana ataupun kebutuhan pokok untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Abah Betmen mencontohkan kabupaten tetangga, yakni Kab. Karawang kini sedang proses pembelian rumah untuk Rumah Singgah pasien,” Karawang saja bisa, kenapa kita tidak bisa, kami yakin jika kita benar- benar niat untuk peduli terhadap masalah social dan kemanusian, InsyaAllah Allah kabulkan,” ungkapnya.

Diakhir pernyataannya, Abah Betmen mengimbau secara khusus Pimpinan Bank Jabar Banten Cabang Subang dan PD Bank Perkreditan Subang agar merealisasikan CSR-nya untuk membiayai pembelian Rumah Singgah Pasien di Bandung.

“Jika niat baik ini tidak direspon, maka kami akan benar- benar melakukan Gerakan Koin Peduli Rumah Singgah, penggalangan dana untuk biaya pembelian Rumah Singgah tersebut,” tandasnya.

Berdasarkan hasil pantauan Perak, bahwa Rumah Singgah-rumah singgah yang ada di Bandung, merupakan Rumah Singgah yang sudah hak milik, diantaranya ada Rumah Singgah Indramayu yang sudah mempunyai 2 Rumah singgah hak milik dan satu Rumah singgah Indramayu perorangan, dimana seseorang Dermawan Indramayu yang disupport oleh Pemerintah daerahnya, disusul Rumah Singgah Karawang yang saat ini sedang proses.

Sementara itu, diungkapkan oleh sejumlah Aktivis Peduli Kesehatan Subang, bahwa usulan tersebut agar direspon Positif oleh Pemerintah Daerah, “Karena kegiatan tersebut, merupakan kegiatan sosial yang tepat sasaran, yang benar- benar dibutuhkan oleh rakyat Subang dan juga sebagai akses kemudahan, serta sangat meringankan beban selama berjalanya pengobatan di Rumah sakit-rumah sakit di Bandung,” support mereka. (Pepen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *