oleh

Disdikbud Subang Peringati Hardiknas Balik ka Indung

SUBANG, (PERAKNEW).- Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang selenggarakan Pagelaran Seni Buhun yang bertemakan, “Balik ka Indung” menguatkan pendidikan melalui kebudayaan, bertempat di Halaman Kantor Disdikbudnas Subang, Kamis (2/5/2019) pagi.

Kegiatan tersebut, salah satu rangkaian kegiatan yang di selenggarakan Disdikbud yang dimulai dari tanggal 29 April sampai tanggal 2 Mei 2019.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua PKK Subang, Yoyoh Ruhimat, Sekda Subang, Aminudin, Kepala Disdikbud Subang, Kusdinar dan para Kabid Disdikbud Subang.

Yang menarik dalam acara tersebut, adanya kesenian tutunggulan, yang dimainkan ibu-ibu dari Kampung Jabong, Desa Jabong, Kec. Pagaden, Kab. Subang yang di pimpin langsung oleh Kompol Yayah Rokayah (Anggota Polres Subang), langsung ikut andil dalam menabuh kesenian tutunggulan itu.

Sementara, menurut Kabid Kebudayaan Disdikbud Subang, Didin, “Dengan diadakan Pagelaran Seni Buhun ini sangat strategis sekali, saya selaku Kabid Kebudayaan mendukung bagaimana peran kebudayaan ini jadi subtansi di dunia pendidikan dan satu presepsi dari pemerintah daerah dengan Disdikbud, untuk mengedepankan pendidikan budaya sebagai pusat budaya. Harus dinikmati, harus diyakini dan harus diimplemtasikan ke pemangku kebijakan, saya selaku sangat setuju sekali dengan bangsa yang maju, bangsa yang mengkedepankan budaya,” tuturnya.

Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Subang, Agus Masykur dalam pidatonya mengatakan, “Kebudayaan yang ada di Kabupaten Subang harus dipertahankan, karena budaya atau Seni Buhun sebagai ciri jati diri kita sebagai Warga Kabupaten Subang dan melalui kebudayaan, bisa memberikan pendidikan terhadap anak sekolah supaya tidak terkontaminasi oleh budaya luar, serta bisa menggenjot anak didik di sekolah, supaya tahu budaya atau seni jaman dulu, lewat pendidikan atau pembelajaran,” paparnya. (Adih)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya