oleh

Deklarasi AMMNI Sejahterakan Jurnalis

KAB. BANDUNG, (PERAKNEW).- Deklarasi Aliansi Media Massa Nasional Indonesia (AMMNI) yang diselenggarakan Minggu Malam, (13/5/18) di Padepokan Seni Mayang Sunda Jl. Peta, menambah catatan penting dalam organisasi kewartawanan. Karena, AMMNI sendiri sudah berkarya sebelum deklarasi dengan program “Citarum Harum”.

Seperti disampaikan Sekretaris Jendral AMMNI Zoevena, S.T., “Kami sudah berkarya dengan melakukan peliputan dan mengekpose program Citarum Harum dari Bulan Januari,” katanya.

Zeovena juga menjelaskan, bahwa AMMNI sendiri terbentuk sebagai wadah dan akan menghimpun dari beberapa media dan wartawan, juga untuk bekerjasama mensukseskan dan menegakan hak-haknya sebagai jurnalis dan menertibkan perijinan serta legalitasnya yang mungkin mereka belum mampu lakukan.

“Kami ingin membantu media dan jurnalisnya untuk menegakan hak-haknya sebagai jurnalis dan memfasiltasi perijinan, serta legalitasnya. Selain itu juga, AMMNI ingin mensejahterakan tim jurnalis ini yang selalu terbelakang,” ungkapnya.

Zeovena menilai, sesuai dengan visinya AMMNI, yaitu mengakan hukum, maka kami akan membantu pemerintah menjaga dan menjalin tali silaturahmi yang jelas untuk membagun NKRI ini dengan karya yang luar biasa.

Selain itu, Zeovena menyayangkan beberapa waktu kebelakang ini, kerap muncul intimidasi terhadap jurnalis, AMMNI menilai itu sangat tidak rasional, karena kerja wartawan dilindungi Undang-undang.

“Adanya intimidasi terhadap jurnalis dilapangan beberapa waktu kebelakang sangat tidak rasional, tetapi perlu diperhatikan kembali, bahwa wartawan juga harus memperhatikan kode etik dan kerja wartawan itu sudah dilindungi UU Nomor 40 tahun 1999,” jelas Zeovena.

AMMNI berharap, kedepan media dan jurnalis bisa lebih berkembang dan maju dengan menyuguhkan karya-karya jurnalis yang luar biasa dan bisa menjunjung tinggi kode etik dan Undang-undang.

“Untuk membangun karya media dan mengembangkan sikap para media, utamanya menjungjung tinggi etika jurnalis, karena suksesnya media ini tergantung sikap dari jurnalisnya itu sendiri. Dengan harapan jurnalis harus bisa bekerja dengan baik, jangan sampai tidak mengindahkan aturan dan Undang-undang,” tutup Zeovena didampingi Ketua Umum AMMNI. (Asep/Ogie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya