oleh

Darurat Bencana, Bupati KBB Perlu Bantuan Pemerintah Pusat

PERAKNEW.com – Menanggapi kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang belum berhasil dipadamkan sejak beberapa hari terakhir, Pemerintah Daerah (Pemda) KBB menetapkan kejadian ini sebagai darurat bencana yang perlu mendapatkan perhatian dan penanganan khusus.

Bupati KBB, Hengki Kurniawan mengatakan, bahwa hingga saat ini petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) KBB dan kabupaten tetangga lainnya, bahkan Cianjur masih terus berupaya melakukan pemadaman disekitar lokasi TPA Sarimukti.

“Kami telah mengeluarkan SK dan menetapkan kejadian tersebut sebagai darurat bencana. Saya sudah telepon pak Gubernur Jabar secara langsung dan kami akan meminta bantuan Pemerintah Pusat agar melakukan bom air dari atas menggunakan helikopter. Karena para petugas Damkar hingga hari ini belum berhasil memadamkan api,” terangnya.

Oleh karena itu, Hengki berharap Pemerintah Pusat segera menanggapinya dengan serius, sehingga titik-titik api dapat segera dipadamkan.

Ia mengatakan, bahwa kebakaran tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh kemarau berkepanjangan yang juga dirasakan oleh masyarakat KBB.

Untuk mengantisipasi permasalahan kekeringan ini, sementara ini Ia telah memerintahkan seluruh aparat kewilayahan untuk segera membantu memfasilitasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Baca Juga : Ratusan Buruh TKBM Berunjuk Rasa di Pelabuhan Internasional Patimban

“Dan untuk mengantisipasi jangka panjang, saya sudah memerintahkan dinas terkait agar segera membangun Embung-embung (Penampungan air) raksasa dititik-titik yang dianggap rawan kekeringan,” tuturnya. (Rushendi)

Berita Lainnya