CIMAHI, (PERAKONLINE NEW).- Mempertimbangkan situasi dan kondisi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kota Cimahi, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya peningkatan kasus.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Drs. Muhamad Yani, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, belum lama ini.
“Dalam Rangka menindaklanjuti surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat No. 443.42/184/P2P, perihal Kesiapsiagaan Peningkatan Kasus DBD, oleh karena itu Pemkot Cimahi perlu ada upaya untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya peningkatan kasus,” ujar Yani.

Lebih lanjut, guna menindaklajuti hal tersebut maka, Yani menghimbau kiranya para Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Instansi di lingkungan Pemerintahan Kota Cimahi agar dapat menggerakan masyarakat dalam pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah binaannya masing-masing dengan melakukan koordinasi dengan pihak terkait melalui wadah Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) DBD.

“Pelaksanaan PSN dapat dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Jum’at Bersih (JUMSIH)dengan metode 3M plus ( Menguras, Menutup tempat penampungan air, dan Menyingkirkan barang-barang yang memungkinkan menjadi tempat berkembang biak nyamuk), PLUS menggunakan obat anti nyamuk, tidak menggantung pakaian, Larvasida dan lain-lain.” demikian kata Yani.

Selain itu, menurut Yani para Kepala Perangkat Daerah agar memberikan himbauan kepada instansi atau masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian DBD untuk tempat tempat umum (TTU), seperti sekolah, tempat ibadah, pasar, terminal dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini juga, Yani menghimbau agar meningkatkan kebersihan lingkungan terutama di tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. memperbaiki dan memelihara saluran pembuangan air di sekitar lingkungan. Serta tidak membuang sampah sembarangan.si para PNS,” katanya. Harold

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here