Pemkab Gianyar Gelar Sinkronisasi Penyusunan LAKIP

oleh

peraknew

GIANYAR-BALI, (PERAKNEW).- Dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab. Gianyar tentang penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP), Pemkab Gianyar menggelar Sinkronisasi antara RPJM, RENSTRA, RENJA, IKU, Program dan Kegiatan, PK serta LAKIP di Ruang SIdang Utama Kantor Bupati Gianyar (24/3).

Acara dipimpin Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Gianyar, I Wayan Sudamia dan diikuti seluruh OPD dilingkungan Pemkab Gianyar. Acara diisi oleh Narasumber Kepala Subbagian Akuntabilitas Kinerja Biro Organisasi Provinsi Bali, I Made Dwi Dewata dengan materi Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

I Wayan Sudamia mengatakan penyusunan LAKIP sangat penting sebagai kewajiban Pemerintah mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten Gianyar berkomitmen untuk menyusun LAKIP sesuai dengan tahapan-tahapan dan aturan yang benar.

Lebih lanjut I Wayan SUdamia menjelaskan saat ini Pemerintah Kabupaten Gianyar sedang menyusun LAKIP tahun 2016, dan sedang mempersiapkan penyusunan LAKIP 2017. Tahun 2015 LAKIP Gianyar mendapatkan nilai CC dan diharapkan melalui sinkronisasi ini Kabupaten Gianyar memperoleh nilai yang lebih baik setiap tahunnya. Sebagai komitmen, pemerintah Kabupaten Gianyar terus berusaha meningkatkan kemampuan dan pemahaman dalam menyusun LAKIP, salah satunya dengan belajar dari yang lebih baik yakni Pemprov Bali, dimana LAKIP Pemprov. Bali dari nilai LAKIP D hingga sekarang mencapai nilai BB.

Narasuber I Made Dwi Dewata dalam pemaparannya mengatakan, saat ini kebanyakan pemerintah daerah menyusun LAKIP berorientasi terhadap output/kerja yang telah dilakukan yakni hanya berorientasi terhadap fisik keuangan atau seputar kegiatan yang telah dilakukan. Sedangkan seharusnya adalah berorientasi terhadap outcome/hasil yakni pencapaian dari kegiatan yang telah dilakukan. Menurut Made Dwi, Pemkab Gianyar mampu memperoleh nilai LAKIP yang lebih baik dengan LAKIP yang berorientasi atas outcame. Dari komitmet Bupati Gianyar yang sangat besar, pihaknya yakin Pemkab Gianyar mampu memperoleh nilai yang lebih baik. Wayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *