oleh

Awasi Pemilu, Saka Pramuka Adhyasta Pemilu dan Bakti Husada Kecamatan Sukahening Resmi Dilantik

TASIKMALAYA, (PERAKNEW).- Pengurus Majelis Pembimbing serta Satuan Karya (Saka) Pramuka Adhyasta pemilihan umum (Pemilu) dan Pramuka Bakti Husada Kwartir Ranting (Kwarran) gerakan pramuka Kecamatan Sukahening masa bakti 2018-2023 resmi dilantik, Rabu (31/10/2018) siang, tempat di gedung serba guna PGRI Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam acara pelantikan tersebut di hadiri oleh Dinas Kesehatan Kab. Tasikmalaya, Camat atau Mabiran gerakan pramuka Kusnanto S.Sos, Kapos Pol Sukahening Aiptu. Wawan Hermawan, Anggota Koramil Cisayong, Ketua Kwarran Saeful Hidayat S.Pd, Kepala UPT Puskesmas H. Aep Saripudin S.KM., M.Si, Ketua Panwascam Edi Supardan, kepala Desa Kudadepa Yeni Nurmala, Kepala Desa Sukahening Uwon Kustiwan S.Pd, Petugas Kesehatan UPT Puskemas, anggota Panwascam dan anggota Kwarran gerakan pramuka Kecamatan Sukahening.

banner 728x90

Pengurus Majelis Pembimbing Saka Pramuka Bakti Husada yaitu, Ketua H. Aep Saripudin S.KM., M.Si, Wakil ketua H. Nono Karno S.Pd, Anggota Dr. Hj. Siti Rochayati Agustin, Neni Mulyani S.Pd dan H. Herlani S.Pd serta majlis pembimbing Saka pramuka Adhyasta yaitu, Ketua Edi Supardan, Wakil ketua Drs. Aep Saepuloh M.Si, Anggota H. Herlani S.Pd dan Yulianti A.Md. KG di lantik oleh ketua Kwarran Kecamatan Sukahening Saeful Hidayat S.Pd.

Kemudian, Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada H. Aep Saripudin S.KM., M.Si melantik pimpinan Saka Bakti Husada; Ketua Asep Yoga Nusarela S.Kep. Ners, Wakil Ketua Cepiana Abas S.Pd, Sekretaris Cecep Saepul Alim S.Pd, Bendahara Waskinah M.Pd.I, Pamong Saka Putera Jenal S.Pd, Pamong Saka puteri Kartidah S.Pd, Instruktur Saka Romli Burhani S.Kep, Teti Fatimah A.Md. KL, Tita Darsita S.Tr.Keb, Yuli Kusmiati, Intan Cahya Hermalia S.KM., Dede Daniati S.Farm. Apt, Dodi Hendian S.Kep. Ners, Dra. Lilis Yuniar US dan Yayat Sutansyah S.Pd. Krida bina lingkungan sehat: Erni Kurnia, Lilis Juliasa, Arini Lutfiatunnisa, Eulis Novianti dan Silvi Fauziah. Krida Bina Keluarga Sehat: Rhima Nurul Fathia, Reva Sulistia, Wiwit Karwati, Taufik Saepurrahman dan Dede Munawar Risman. Krida Pengendalian Penyakit: Rani Herawati, Silvi Nida Fauzia, Cucun Wilastri, Ernawati dan Rita Purwita. Krida Bina Gizi: Tantri, Siti Nurwinda, Cuti Alimsyah, Siti Mutia dan Perlita Rahma. Krida bina obat: Sri Wahyuni, Nadila Safitri, Ririn, Erina Debi Gumilar dan Raran Sri Nurani. Krida Bina PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat): Nita Nuraini, Desi Siti Hoerunnisa, Sri Wahyuni dan Andi.

Ketua Majelis Pembimbing Saka Adhyasta Edi Supardan melantik pimpinan Saka Bakti Adhyasta: Ketua Risman Munawar S.Pdi, Wakil ketua Suhandi S.Pd, Sekretari (1) Nita Junita ST, Sekretari (2) Widi Gustina S.PdI, Bendahara Roni Kurnia S.Pd, Pamong Saka putera Cecep Saepul Alim S.Pd, Pamong Saka puteri Dewi Yuliana A.Md. MG, dan Istruktur Saka Dendi Arisandi S.IP. Krida Pengawasan: Muhamad Nasrul, Toni Romdoni, Ibnu Ramdani, Nita Nuraini, Siti Kholis Nurhanifah, Restu Awalludin dan Endang Ruswandi. Krida Pencegahan: Muhamad Ardy Hasan, Zam Zam Abdul Azis, Sela Lazma Latiful Tulukia, Novi Fitri Fauziah, Desi Siti Hoerunnisa dan Dian Sopian. Krida penanganan pelanggaran: Romi Anjami, Abdul Aziz, Wanda, Lusi Nuraeni, Titin Kartini, Putri dan Sopan Sopian.

Ketua Kwarran Kecamatan Sukahening Saeful Hidayat S.Pd menyampaikan dalam sambutanya, Alhamdulillah Kwarran Kecamatan Sukahening sudah memiliki 4 penegak dan memiliki 3 Saka yaitu, Satuan karya (Saka) pramuka Adhyasta Pemilihan Umum (Pemilu), Saka pramuka Bakti Husada dan Saka pramuka peduli.

“Saka pramuka peduli bergerak di bidang sosial, apabila ada sarana umum yang perlu dalam pengerjaannya dengan bergotongroyong dan apabila ada bencana khususnya di wilayah Kecamatan Sukahening tinggal berkoodinasi. semoga Saka-Saka yang telah terbentuk tersalurkan kearah yang positif,” ujarnya.

Ketua Panwascam sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka Adhyasta Edi Supardan menyampaikan, bahwa Pemilu merupakan sarana mewujudkan Kedaulatan Rakyat sekaligus sarana aktualisasi partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan. Posisi masyarakat dalam Pemilu di tempatkan sebagai subjek, termasuk dalam mengawal integritas Pemilu, salah satunya melalui pengawasan Pemilu.

“Badan pengawasan pemilu (Bawaslu) sebagai lembaga yang diberi mandat mengawasi penyenggaraan pemilu di Indonesia. Meningkatkan partisipasi warga negara Indonesia dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu agar berjalan demokratis, luber dan jurdil dengan salah satu upayanya adalah dengan mengajak kelompok masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan,” ungkapnya.

Edi menambahkan. Gerakan pramuka merupakan wujud asosiasi dalam masyarakat sehingga anggotanya mendapat pembelajaran berorganisasi dan pelatihan skill. Gerakan ini mempunyai potensi besar turut perpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu juga berfungsi sebagai sekolah demokrasi karena mengajar hal-hal yang berkaitan dengan civic, skill yaitu, pengorganisasian, mengadakan pertemuan, menulis gagasan, berargumentasi, berpidato, dan sebagainya.

“Gerakan pramuka mempunyai potensi dalam mengasah civil, sekill seluruh anggotanya dan menumbuhkan kesadaran politik atas pentingnya partisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu dan menciptakan pemilu yang bebas dan adil. Gerakan pramuka bisa menjadi inisiator dan pelopor bagi pemuda-pemudi bangsa untuk menjadi relawan dalam menegakan demokrasi. Gerakan pramuka bisa menularkan semangat kerelawanan dalam pengawasan pemil,”. katanya.

Lanjut Edi, Pembentukan Saka Adyasta pemilu berperan dalam mengawasi penyelenggara pemilu agar berjalan bebas dan adil dengan pencegahan terhadap praktik pelanggaran pemilu. Berharap dengan di bentuknya Saka Adyasta menjadi pelopor dan inisiator bagi pemuda-pemudi bangsa untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu. tandasnya.

Camat selaku Mabiran gerakan pramuka Kwarran Kecamatan Sukahening Kusnanto S.Sos di temui usai acara pelantikan kepada Perak, Sangat mendukung sekali pelaksanaan pegukuhan dan pelantikan Saka pramuka Adhyasta Pemilu dan Saka pramuka Bakti Husada dalam rangka sinergitas, terutama dalam gerakan pramuka di dalamnya segala macam propesi ada sehingga kalau membutuhkan sumber daya manusia juga lengkap.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelantikan ini, sinergi khususnya antara pembimbing Saka pramuka Bakti Husada dan Saka pramuka Adhyasta Pemilu terutama nanti padasaat mau masuk pelaksanaan Pilpres, DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD  pada tanggal 17 April 2019 mendatang dan pimpinan Saka melaksanakan tugas sesuai foksinya masing-masing,” imbuhnya.

Lanjut Kusnanto, melaksanakan tugas sesuai foksinya masing-masing di antaranya, apabila terjadi pelanggaran itu bagian dari tugas Saka pramuka Adhyasta dan bakti Husada itu berkiprah di bidang kesehatan di antaranya membantu memperlancar pelaksanaan Pemilu, apabila ada hak pilih yang sakit tidak kuat datang ke TPS.

“Berharap pelaksanaan Pemilu khususnya di wilayah Kecamatan Sukahening berjalan sukses tanpa ekses, jujur dan adil,” pungkasnya. (Fauzi)

Berita Lainnya