oleh

Warga Subang Sangat Terbantu Adanya Rumah Singgah Pasien di Bandung

PERAKNEW.com – Pasien Warga Kabupaten Subang sangat terbantu atas disediakannya Rumah Singgah Pasien di kawasan daerah Pasteur-Sukajadi, tepatnya di Jl. Tawakal No. 10 Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Seperti halnya dituturkan salah seorang suami dari Pasien bernama Haryati (48) Warga Kecamatan Purwadadi, Kab. Subang kepada Perak saat sedang menjalani berobat jalan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Provinsi Jabar di Bandung, belum lama ini, “Rumah Singgah ini sangat bermanfaat bagi warga Subang, terutama pasien yang berobat di Bandung seperti istri saya ini, secara ekonomi sangat membantu kami sehingga mengurangi beban biaya selama berjalannya pengobatan di Bandung,” tuturnya.

Lanjutnya, “Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Subang atas didirikannya rumah singgah pasien khusus warga Subang di Bandung ini, kami bisa beristirahat dengan nyaman dan terimakasih juga kepada Tim Evakuasi Pasien dari FMP Jabar yang selalu mendampingi kami dalam pengurusan segala proses berobat di rumah sakit dan rela antar jemput dari rumah singgah bahkan dari rumah kami ke rumah sakit tujuan dengan Mobil Siaga Gratisnya, pokoknya kami sangat terbantu sekali,” ucapnya memaparkan.

Baca Juga : PKM Cilimus Gelar Kegiatan Gerakan Vaksinasi

Rumah Singgah Pasien tersebut didirikan sejak beberapa tahun yang lalu oleh Dinas Kesehatan Subang bekerjasama dengan Forum Masyarakat Peduli (FMP) Jabar khusus untuk masyarakat Subang yang memerlukan tempat tunggu atau singgah untuk berobat ke rumah sakit di sekitar Kota Bandung dan bertujuan untuk membantu meringankan biaya serta akomodasi selama pengobatan berlangsung.

Warga Subang Sangat Terbantu Adanya Rumah Singgah Pasien di Bandung1

Adapun berbagai fasilitas yang ada di rumah singgah ini disediakan secara gratis, seperti alat-alat bantu kesehatan blankar, kursi roda, oksigen alat bantu pernapasan dan fasilitas kesehatan lainnya.

Selain tempat istirahat, rumah singgah juga tempat edukasi bagi pasien yang kurang paham mengenai birokrasi rumah sakit terkait proses pengobatannya dan di rumah singgah pasien tersebut juga bisa jadi tempat pengaduan seputar masalah yang dialami selama menjalani pengobatan di rumah sakit, diantaranya mengenai penjadwalan dan proses pemeriksaan poli, Laboratorium, persiapan kemo, persiapan penjadwalan operasi dan sebagainya.

Baca Juga : Sosialisasi Pemilahan Sampah Kepada Masyarakat Kota Cimahi

Tidak hanya itu, di Rumah Singgah Pasien Subang juga ada petugas atau pendamping  yang siap bergerak jika diperlukan pendampingan ke rumah sakit-rumah sakit yang ada di Bandung plus penyedian Unit Siaga/Ambulance Gratis milik FMP Jabar. (Pepen Adi)

Berita Lainnya