Wabup Muara Enim & Sultan Palembang Hadiri Sedekah

oleh -23 views

MUARA ENIM-SUMSEL, (PERAKNEW).- Wakil Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., didampingi Istri, Dra. Hj. Nurhilyah Juarsah beserta rombongan Sultan Palembang Darussalam, hadiri sedekah Dusun Desa Darmo di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim yang di laksanakan di Lapangan Tebing Serdang Dusun V Dusun Darmo, Senin (05/08/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut, Iskandar Mahmud Badaruddin dengan di awali pengukuhan Ketua Sumbai yang ada di Dusun Darmo.

Acara persedekahan dusun ini merupakan cara masyarakat melestarikan budaya, serta adat istiadat yang turun temurun yang ada di Desa Darmo, dengan ragam budaya yang bisa diangkat ke tingkat nasional dan internasional.
Dalam acara sedekah dusun ini diisi dengan pengukuhan dan penyematan pakem dari Sultan Palembang Darusallam kepada Ketua Sumbai 8 Darmo, yang ada di Desa Darmo.

Dalam kata sambutannya, Wakil Bupati Muara Enim. H.Juarsa mengatakan, sangat mendukung kegiatan acara adat ini yang bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang ada di Muara Enim, diharapkan keragaman budaya dan adat yang ada di Muara Enim saat ini, bisa mendongkrak perekonomian melalui pariwisata daerah yang ada di Muara Enim.

Di tambahkan H. Juarsa meminta kepada tokoh adat yang ada di Muara Enim untuk dapat membangkitkan kembali adat istiadat dan budaya yang ada, “Ini merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tanggungjawab pemuka adat dan tokoh adat saja, peran pemerintah, hanya mengenalkan dan mempromosikan ke daerah luar agar adat istiadat yang ada bisa dapat di lestarikan,” ujarnya.

Namun lanjut Juarsa, “Kesadaran masyarakat untuk membangkitkan kembali kekayaan adat istiadat dan budaya yang ada itu, terutama kepada generasi muda. Lestarikan dan kenalkan agar budaya dan adat istiadat kita tidak hilang ditelan zaman,” papar Juarsa berpesan.

Sementara itu, Sultan Palembang Darussalam Iskandar Mahmud Badaruddin mengatakan, “Menyambut baik diundang dari Desa Darmo Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim.

Ia berterima kasih kepada masyarakat, dimana masyarakat yang ada di Kab. Muara Enim ini telah dapat melestarikan budaya dan menjaga adat istiadat dengan baik.

Sultan Palembang berpesan kepada masyarakat, agar terus melestarikan kekayaan budaya dan adat istiadat ini.

Sementara, Sultan meminta kepada pemerintah untuk dapat mendukung berkembangnya budaya lokal sebagai aset membangun daerah.

Disampaikanya, bahwa negara ini terbentuk atas dukungan seluruh raja yang ada di kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Hp/H)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *