Wabup Badung Tinjau Pelayanan Publik

BADUNG-BALI, (PERAKNEW).- Untuk memantau pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah di Kabupaten Badung, Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa melaksanakan peninjauan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, lanjut Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, serta terakhir di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

Turut mendampingi Inspektur Kabupaten Badung Ni Luh Suryaniti, Asisten Administrasi Umum Cok. Raka Darmawan, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, I Made Sutama, Plt. Kasat Pol.PP I Ketut Marta, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Made Witna Dan Kabag Organisasi Wayan Wijana.

Wabup Suiasa dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa peninjauan ini bukan inspeksi mendadak melainkan ingin melihat langsung Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang membutuhkan serta ingin mendapatkan masukan dan kritikan dari masyarakat.

“Kami berharap adanya masukan dari masyarakat untuk mendekatkan layanan publik sampai ke kecamatan, sesuai dengan 3 hal pelayanan prima, yaitu pelayanannya cepat, dekat dan murah secara keseluruhan,” ungkapnya.

Pejabat asal Pecatu tersebut menjelaskan ada hal-hal yang hanya bisa dilaksanakan di pusat (Puspem), akan tetapi untuk layanan sekala kecil sudah dilimpahkan kepada kecamatan.

“Ke depan, sistem yang ada akan kami kembangkan lebih luas dan terintegrasi, sehingga dapat terwujud percepatan layanan publik serta keterbukaan informasi yang bisa diakses oleh masyarakat dari rumah atau dimana saja,” paparnya.

Lebih lanjut, Suiasa mengatakan, salah satu kendala yang dihadapi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah perlunya penambahan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga dapat melakukan pelayanan publik dengan lebih cepat dari hari ini.

“Perijinan ini bukan sebatas masalah persyaratan material saja, melainkan juga diperlukan kompetensi teknis yang berkaitan dengan kesesuaian data tertulis dengan kondisi lapangan. Hal ini bisa dipercepat bila didukung oleh tambahan SDM,” jelasnya.

Sementara itu, saat di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Wakil Bupati Suiasa menyempatkan untuk menyapa tamu dari Kabupaten Garut yang akan melakukan tukar-menukar ilmu terkait pendidikan.

Sedangkan di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Wabup Suiasa disambut langsung oleh Kepala Dinas I.B. Dirga beserta Sekretaris Dinas A.A. Raka Yuda. Suiasa juga mengunjungi bidang-bidang yang ada. Dalam kesempatan tersebut, Suiasa juga memberikan wejangan terkait adanya permasalahan antara pihak manajemen dengan karyawannya yang dimediasi oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

“Inilah perlunya mediasi antara pihak manajemen dengan pihak karyawan sehingga diperoleh kata sepakat tanpa merugikan salah satu pihak. Semua masalah bisa diselesaikan jika ada yang mau bicara serta ada yang diajak bicara,” imbuhnya. Yudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here