oleh

Tanda Tangani Langsung Persetujuan Permohonan Pemanfaatan Lahan Untuk TPS, Bukti Komitmen Kang Jimat Bersihkan Kota Subang

PERAKNEW.com – Bupati Subang, H. Ruhimat, meninjau calon lokasi relokasi TPS di Kecamatan Subang di Bekas Pasar Inpres Subang, Jumat (10/06/22).

Tinjauan kali ini dilakukan oleh Kang Jimat sebagai upaya untuk mengurai masalah sampah yang ada di Kabupaten Subang, khususnya Kota Subang. Calon lokasi TPS yang akan digunakan adalah lahan bekas pasar inpres atau berlokasi di belakang lokasi Mall Pelayanan Publik Subang, RW 9 Kelurahan Karanganyar.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Jimat berdialog dengan Karang Taruna dan warga sekitar yang menyatakan setuju dengan rencana relokasi TPS ke tempat tersebut. Selain menghilangkan kekumuhan di Kota Subang, sampah yang dipilah dapat dimanfaatkan agar memiliki nilai ekonomi sekaligus bisa menjadi percontohan bagi TPS lain di wilayah Subang.
“Urang silih bantu. Ibarat aya budak geus gede ngebantu adina. Silih asah silih asuh. Lamun teu kitu arek kumaha. Ieu jadi percontohan kanggo wilayah nu di sejen. Maksimalkeun!.”

Tanda Tangani Langsung Persetujuan Permohonan Pemanfaatan Lahan Untuk TPS, Bukti Komitmen Kang Jimat Bersihkan Kota Subang2

Sebagai bentuk keseriusan Kang Jimat, pada kesempatan tersebut langsung membubuhkan tandatangan, sebagai tanda mensetujui permohonan pemanfaatan lahan untuk TPS yang disampaikan Plt. Camat Subang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, H. Hidayat menyampaikan latar belakang pemindahan TPS ini adalah agar lalu lintas tidak terganggu oleh sampah dan Kota Subang tidak terkesan kumuh.
“Lokasi persiapan pemindahan TPS di Kota Subang akan dipusatkan, karena dekat dan terjangkau dari TPS yang sudah ada. Hal ini dilakukan dalam rangka upaya tahapan pembersihan wilayah Kota Subang. Pertama penertiban TPS di Pinggir jalan yg mengganggu lalu lintas dan membuat kota kita terlihat kumuh. Ini adalah wujud gotong royong dari semua pihak, mulai dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, Kecamatan Subang, seluruh Kelurahan, RT, RW, hingga Karang Taruna.”

Hidayat menambahkan, selain merelokasi TPS, usaha yang dilakukan untuk membuat Kota Subang bersih dan cantik adalah adanya kegiatan Jumat Bersih yang diinisiasi oleh masyarakat di tiap kelurahan.
“Yang kedua tiap Jumat dilakukan pembersihan taman kota di tiap kelurahan oleh aparat dan warga Desa. Kegiatan ini akan terus dilakukan. Terlebih menyambut porprov 2022 Kota Subang harus terlihat bersih dan asri.”

Baca Juga : Kang Akur Pimpin Briefing Staf, Fokus Pengelolaan TPS Di Wilayah Subang

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, plt Camat Subang, Muspika Kecamatan Subang, Lurah se-Kecamatan Subang, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat setempat. (Hum)

Facebook Comments

Berita Lainnya